Monthly Archives: Januari 2012

Siaran Pers RSA : Hilangnya Rasa Aman dan Keselamatan di Jalan

Jakarta – Kecelakaan tragis yang merenggut 9 korban jiwa di Jalan M. Ridwan Rais, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu telah menyadarkan kita bersama bahwa saat ini sangat sulit untuk mendapatkan rasa aman dan keselamatan di jalan. Berdasarkan data Polda Metro Jaya jumlah kecelakaan selama 2010 mencapai 8.059 kasus dengan jumlah korban tewas sebanyak 1.032 orang, luka berat (3.429 orang), luka ringan (5.679 orang). Sedangkan data menjelang akhir tahun 2011 menyebutkan, dari 8.468 korban kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya, sebanyak 11,04% meninggal dunia. Lalu, sebanyak 2.241 orang luka berat dan sebanyak 5.292 orang luka ringan (62,49%). Deretan angka diatas tentu tidak boleh dianggap sepi, karena menyangkut hilangnya nyawa manusia di jalan.

Selain itu kondisi ruas jalan protokol yang rusak parah telah menambah derita para pengguna jalan, menurut data Ditlantas Polda Metro Jaya sedikitnya terdapat 1000 titik ruas jalan berlubang dan rusak parah di Jakarta dan sekitarnya. Dampak dari buruknya infrastruktur jalan ini, selain berpotensi menambah jatuhnya korban jiwa, juga dapat menimbulkan kemacetan diberbagai ruas jalan.

Sebagai organisasi yang peduli akan keselamatan jalan, Road Safety Association (RSA) Indonesia merasa prihatin atas buruknya infrastruktur jalan di negeri ini, selain itu kami juga sampaikan rasa belasungkawa yang dalam atas banyaknya korban dan nyawa yang melayang dalam setiap kecelakaan lalu lintas di jalan. Adapun sikap kami sebagai bentuk tanggung jawab moral dan wujud kepedulian, adalah sebagai berikut :

  1. Mendesak Pemerintah Pusat untuk segera memperbaiki ruas jalan protokol ibukota yang rusak parah di berbagai lokasi.
  2. Mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera memperbaiki jalan provinsi yang berlobang dan tergenang air.
  3. Mendesak Kepolisian RI memperketat proses kepemilikan kendaraan dan proses penerbitan izin mengemudi.
  4. Mendesak Produsen Otomotif untuk menambah fasilitas keselamatan pada setiap kendaraan yang diproduksi.
  5. Mengajak seluruh pengguna jalan untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan membangun budaya berbagi ruas jalan.

Demikian Siaran Pers ini dibuat.

Tertanda
Ketua Umum Road Safety Association (RSA) Indonesia

Rio Octaviano

Iklan

Belajar dari kasus Xenia Maut : Drugs + Driving = Malapetaka!!

Xenia Maut!!

Berdasarkan berita yang dilansir oleh detik.com diketahui bahwa pengemudi beserta penumpang Xenia maut yang merenggut sembilan nyawa di Tugu tani kemarin ternyata positif menggunakan sabu. Sebuah fakta baru yang tidak mengherankan mengingat mengemudi dalam efek drugs memang hal yang amat sangat berbahaya. Dalam kondisi tidak mengemudi saja drugs jelas membawa dampak yg negatif bagi tubuh, maka mereka yang mengemudi dalam efek drugs jelas orang2 yang sudah bosan hidup !! Sayangnya perilaku bodoh para pengguna drugs itu telah menyeret sembilan nyawa pejalan kaki yang malang. Sebuah kisah duka di awal tahun 2012.

Dari informasi yang diterima oleh ane lewat twitter ane menemukan sebuah foto yang diduga merupakan aktifitas pengemudi dan penumpang xenia maut. Foto ini diduga diopload pada malam hari sebelum insiden maut tugu tani terjadi.

para jahanam berpesta sebelum insiden maut!!

Dari foto tersebut tampak si pengemudi yang bertubuh tambun dan berkacamata sedang berpesta minuman keras. Ini merupakan potret kelam kehidupan malam di Jakarta. Ane gak akan bicara soal miras, drugs, maupun pesta sepanjang malamnya. Itu urusan mereka!!!! Tapi tolong kalau mau rusak jangan ngajak2 orang lain dong!! Akibat perilaku sembrono para pemabuk katrok yg ngeyel mau nyetir, akhirnya sembilan nyawa melayang sia2. Semoga amal ibadah para korban diterima di Sisi-Nya dan semoga sang pelau dihukum seberat2nya!!!

Iklan Safety Driving/Riding yang kreatif sekaligus dalem

Kebiasaan ane ketika ada waktu luang adalah berselancar di forum dunia maya terbesar di Indonesia saat ini, apalagi kalo bukan Kaskus Gan! :mrgreen: . Saat lagi asik buka2 thread di lounge ane menemukan sebuah thread menarik yang isinya adalah iklan2 safety driving yang kreatif dari beragam negara. Karena merasa isi dari thread tersebut sangat menarik dan penting untuk di share, maka setelah mendapat ijin dari sang TS alias Thread Starter, anepun memuat ulang isi threadnya di blog butut ini :mrgreen:.

Berikut adalah Iklan2 Safety Driving/Riding tersebut :

Bahaya Menelepon Saat mengemudi

Kepolisian Lalu Lintas Bangalore mengkampanyekan iklan outdoor ini dengan menggunakan foto yang dramatis yang mengingatkan orang supaya tidak menelepon sambil mengemudi.

Dampak mabuk sambil berkendara

Ditampilkan dalam OSOCIO, sebuah blog yang fokus secara eksklusif pada kampanye iklan kampanye sosial dan nirlaba yang keduanya berusaha untuk membuat orang sadar akan isu-isu dunia untuk membuat dunia yang lebih baik.

Kurangi kecepatan

Saatchi (Adv. agency) dari Selandia Baru baru-baru ini melakukan kampanye billboard safety driving yang kreatif, yang menunjukkan serangkaian foto keluarga pada iklan pinggir jalan secara berturut-turut. “Jangan biarkan nyawa Anda mendahului Anda,” itulah kata terakhir yang tertulis di papan . “Slow down”.

Telepon bisa jadi peti mati

 Iklan ini dibuat untuk Asosiasi Korban Lalu Lintas Belanda dan iklan ini mengatakan: “Setiap tahun 40 orang meninggal karena menggunakan telepon selular saat mengemudi” Perhatikan bagaimana ponsel terlihat seperti sebuah peti mati.

Jangan mengantuk saat berkendara

 “Kantuk lebih kuat daripada kamu “. Don’t Drive Sleepy Project! Iklan ini dibuat untuk ThaiHealth

Gunakan seatbelt

 Bangku baris belakang tidaklah lebih aman, kenakan selalu sabuk pengaman!

Sparepart untuk manusia tidak ada yang ori, kw semua

“Sparepart untuk manusia tidaklah original seperti sparepart untuk mobil.” Iklan kampanye “Don’t Drink and Drive” dari BMW

JANGANLAH MENGAJAK TEMAN BERKENDARA SAMBIL MABUK!!!

Menjadi teman harusnya menjadi teman untuk hidup! Mengemudi sambil mabuk dengan teman-teman mungkin terlihat asik, tetapi sering kali itu berakhir menjadi tragedi.  Janganlah mabuk sambil mengemudi dan jangan biarkan teman-teman mabuk sambil mengemudi juga!

Bahaya mabuk

Iklan dari dalam negeri neehhh

Kecelakaan pada 100 km/jam = Luka-luka Berat
Kecelakaan pada 120 km/jam = Masuk ke ICU!!!
Kecelakaan pada 140 km/jam = Cacat Permanen

Moga iklan2 tersebut mampu menyentil kita agar lebih hati2 saat berkendara 🙂

Untuk lebih lengkapnya bisa mampir ke sumber di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12345183

Makasih dah mampir gan :mrgreen:

Belajar dari kecelakaan Valia Rahma

Almarhum Valia Rahma

Almarhum Valia Rahma

Jagat infotainment sedang ramai terkait  kematian seorang artis muda berbakat, Valia Rahma. Valia dinyatakan meninggal setelah berada dalam status koma selama sembilan hari di sebuah rumah sakit di Bali. Penyebab kematian Valia adalah kecelakaan sepeda motor ketika ia sedang break shooting di Bali. “Dia sedang menemani saudara dari Jakarta. Dia dibonceng sama saudaranya. Tiba-tiba kecelakaan antar motor, kondisinya dia ditabrak,” ujar sahabat dekat Valia, Faradilla saat dihubungi wartawan, Jumat (13/1) sore sebagaimana dilansir oleh kapanlagi.com.

Kisah duka yang menaungi keluarga dari Valia Rahma saat ini adalah satu dari sekian banyak kecelakaan yang telah merenggut nyawa pengguna jalan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Polda Metro Jaya disebutkan bahwa angka kematian di Jalan Raya sudah mencapai tiga orang perhari untuk wilayah Jakarta saja. Bahkan pada tahun 2010 angka kematian di jalan mencapai angka yang fantastis, yakni 31.234 jiwa mati sia-sia di jalan sesuai dengan rilis data dari Korlantas Mabes Polri.

Kematian memang suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Namun manusia juga diberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungannya demi meminimalisir potensi bahaya yang dapat mengancam. Perlu diingat bahwa ketika seseorang terlibat kecelakaan, maka orang-orang disekitarnya akan merasakan dampak di beragam aspek, secara ekonomi, maupun psikologis. Bayangkan betapa beratnya bebab sebuah keluarga jika tulang punggung keluarga terlibat kecelakaan. Kali ini kita baru saja kehilangan salah satu artis muda berbakat karena kecelakaan, tentunya jangan sampai kita atau keluarga kita turut menjadi korban kecelakaan jalan. Oleh karenanya diperlukan kesadaran dari kita bersama untuk berkendara dengan aman, baik untuk keselamatan diri sendiri maupun untuk keselamatan pengguna jalan lain.

Tindakan Pertama Apabila Terlibat Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan

Tulisan ini ane copy paste dari Facebooknya TMC Polda Metro. Mungkin sudah pernah ada yang share, tapi barangkali juga ada yang belum tau. Sengaja ane tulis ulang karena informasi seperti ini sangat berguna bagi kita yang sehari-hari berinteraksi dengan dinamika jalan raya 🙂

Berikut adalah Tindakan Pertama apabila terlibat Kecelakaan Lalu Lintas :

I. Terlibat kecelakaan lalu lintas

Sebagai pedoman bagi setiap Individu apabila terlibat dalam suatu kecelakaan lalu lintas, maka tindakan-tindakan yang seyogyanya patut dikerjakan demi terciptanya KAMTIBCAR LANTAS adalah sebagai berikut:

1. Menguasai keadaan atau sikap Apabila akibat yang diderita tidak terlalu parah atau masih cukup sadar, maka sikap yang diambil adalah :

A. Jangan panik atau emosi dan bersikap tenang dan waspada, sebab panik atau emosi justru akan memperburuk keadaan.

B. Jangan menyalahkan orang lain. Setelah terjadi kecelakaan sering kali terjadi dimana salah satu pihak iingin benar sendiri, sikap demikian tidak benar malah mempersulit pemeriksaan atau penyidikan Petugas.

C. Jangan melarikan diri, sekalipun dalam kecelakaan itu terdapat korban jiwa, apakah merasa bersalah dan lain alasan.

D. Karena disamping perbuatan ini dinilai pengecut atau tidak bertanggung jawab juga akan mengakibatkan memperberat diri sendiri dalam hukuman yang sebenarnya tidak perlu dikenakan kepadanya.

E. Seandainya terpaksa harus melarikan diri karena keadaan (menghindari pengeroyokan), maka tempat berlindung yang paling aman adalah Kantor Pejabat Keamanan terdekat atau Kantor Polisi.

F. Mengamankan tempat kejadian merupakan langkah yang sangat baik dalam usaha pengusutan dan penentuan kondisi yang sebenarnya dari kejadian tersebut, misalnya: mematikan mesin kendaraan & menimbun dengan pasir tumpahan bahan bakar yang ada.

2. Pertolongan.

Kalau anda cukup sadar dan dapat memberikan pertolongan kepada korban lain ini merupakan tindakan yang sangat mulia, segera pada kesempatan pertama membawa korban ke Rumah Sakit.

3. Menghubungi Petugas.

A. Menghubungi Petugas dengan alat perhubungan/alat komunikasi yang ada/terdekat dengan memberitahukan apa yang terjadi dan lokasinya. (TMC Polda Metro: 021-5276001)

B. Serahkan pada Petugas yang hadir pertama kali di lokasi kejadian segala apa yang diperlukan dan ceritakan dari awal sampai akhir kejadian tersebut, jawab pertanyaan yang diajukan dengan sejujur-jujurnya dan ikuti petunjuk/perintah Petugas lebih lanjut.

C. Memindahkan kendaraan dilakukan setelah diketahui oleh Petugas atau bila menetapkan kedudukan/letak kendaraan tersebut saudara kerjakan dengan menggunakan benda yang tidak mudah terhapus.

II. Mendapatkan kecelakaan

Sebagai pedoman bila menjumpai peristiwa kecelakaan lalu lintas, lakukan hal sebagai berikut:

1. Menguasai keadaan atau sikap

Setelah melihat adanya kecelakaan lalu lintas catat kendaraan yang terlibat kecelakaan. Bila kendaraan tersebut ada yang akan melarikan diri catat data-data kendaraan seperti: plat nomor, jenis, merk, tipe dan warna dari kendaraan tersebut. Jauhkan penonton yang berkerumun terutama yang merokok atau yang akan merokok. Menolong korban bila ada, segera diteruskan ke Rumah Sakit tedekat. Mengamankan barang-barang milik korban, jangan sampai dicuri oleh tangan-tangan jahil. Sambil mematikan kendaraan untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan yang lebih besar, tutuplah tumpahan bahan bakar. Bila pada malam hari hindari penggunaan penerangan dengan api, penerangan hanya dibolehkan dengan menggunakan baterai atau sejenisnya.

2. Memberikan pertolongan :

A. Dalam memberi pertolongan gunakan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan tepat, kalau tidak tepat justru dapat membahayakan korban.

B. Hentikan kendaraan yang ada pada kesempatan pertama bila ada korban yang perlu dibawa ke Rumah Sakit, jangan lupa catat nomor kendaraan dan dibawa kemana korban tersebut dibawa.

C. Bila situasi memungkinkan, diusahakan menghubungi keluarga korban berdasarkan petunjuk atau keterangan yang ada.

D. Dalam menolong korban diusahakan mengutamakan menolong korban yang menderita luka berat, baru kemudian yang luka ringan dengan meminta bantuan orang-orang yang ada disekitar.

3. Menghubungi Petugas

A. Usahakan menghubungi Petugas terdekat ditempat kejadian/kecelakaan baik dengan telepon atau perantara orang-orang disekitarnya.

B. Korban dapat dipindahkan dari tempat semula dengan sebelumnya memberikan tanda pada tempat korban terletak dengan menggunakan kapur atau benda yang lain.

C. Menyerahkan ke Petugas semua yang anda kerjakan, ceritakan kronologis kejadian serta menjawab bila ditanya. Beri alamat anda ke Petugas serta anda sangat terpuji bila saudara dengan sukarela bersedia menjadi saksi dikemudian hari.

D. Kemungkinan tidak ada Petugas yang datang, maka andalah yang datang ke Kantor Polisi terdekat serta melaksanakan petunjuk sebelumnya.


Waspada! Tikus mengintai motor matic anda di musim hujan

Waspada dengan Tikus!

Sedikit cerita dari tempat kost ane di Rawamangun. Akhir2 ini disaat hujan melanda seantero Jakarta muncul sebuah fenomena baru diantara pengguna motor matic di tempat kost ane. Fenomena itu adalah mogoknya motor2 tersebut dalam waktu yang nyaris bersamaan. Suatu pagi seorang kawan tidak dapat menstater motor maticnya, dan keesokannya motor2 matic yang lain pun ikut2an gak mau nyala, kompak nih yee :mrgreen: . Awalnya ane kira ada yang bermasalah dengan kelistrikan motor2 matic tersebut, tapi kalo kelistrikan kok bisa kompak begitu mogoknya? Untuk menjawab rasa penasaran maka dibongkarlah salah satu motor matic milik seorang kawan di tempat kost, ternyata kabel koilnya putus sodara2!!!!! Melihat hal tersebut temen kost ane yang punya Honda Vario Techno dan mogok turut membongkar motornya juga, benar saja ternyata salah satu kabel kelistrikannya juga ada yang putus. Namun tak hanya itu!! Di dalam dek bawah sang Vario ditemukan sisa2 tulang dan kotoran hewan yang baunya amit2 jabang tuyul! Hyaiksss…. Setelah dilakukan analisis terhadap tulang dan kotoran tersebut dapat dipastikan bahwa jenazah itu adalah jenazah Tikus. Dan Tikus pulalah pelaku pemutusan kabel kelistrikan yang melanda parkiran kozan ane dengan korban motor matic. Perlu diketahui bahwa Vario temen ane itu sempat lama tidak dipakai sebelum diketahui mogok, sekitar sebulan. Mungkin inilah penyebab ditemukannya bangkai tikus di dalam motor, karena si tikus betah nginep di dek Vario. Sementara di motor yang lain doi cuma mutusin kabelnya saja.

Ada ruang renggang antara dek dan mesin di motor matic (Gambar cuma ilustrasi, nyomot dari gugel)

Tidak tanggung2, si tikus tidak pilih merek dalam melaksanakan aksi putus kabelnya. Tercatat 1 Yamaha Nouvo, 1 Yamaha Xeon, 1 Suzuki Spin, dan 1 Honda Vario Techno sukses digigit dan diputusin kabel kelistrikan yang posisinya ada di sekitar dek. Well, rupanya ruang yang renggang antara mesin dan dek bawah motor matic dapat dimanfaatkan oleh para Tikus untuk bersemayam di kala musim hujan datang. Musim hujan tampaknya bikin sang tikus galau karena rumahnya kebanjiran dan doi akhirnya milih buat ngumpet di dek motor matic sambil ngemil gigit kabel, xixixxiix :mrgreen: . So, mulai sekarang para pemilik motor matic harus lebih waspada dengan si tikus, kalau perlu taruh karbol di dalam dek biar si tikus ogah mampir, dan tentunya tidak lupa menjaga kebersihan daerah sekitar parkiran motor supaya hama tikus gak ada lagi.

Soal ESEMKA, mari belajar dari produk nasional yang lain

Kiat Esemka

Jagat otomotif belakangan lagi rame soal mobil karya anak bangsa, yakni Kiat Esemka yang dirakit oleh siswa SMK dan sudah digunakan oleh pak Jokowi dari Solo sebagai mobil dinasnya. Beragam komentar pun bermunculan dengan deras, sederas hujan badai yang melanda ibukota belakangan :mrgreen: . Komentar  yang muncul beragam, dari yang kagum dan hendak membeli, sampai yang masih ragu dengan kualitas dari mobil Kiat Esemka. Nahhh, artikel sotoy ane kali ini mau sedikit mengulas soal keraguan yang muncul soal Kiat Esemka, baik dari kualitasnya maupun keberlangsungan dari proyek Kiat Esemka itu sendiri.

Ngomongin soal produk nasional atau dalam negeri, maka gak akan lepas dari ketidakpercayaan masyarakat terhadap karya anak bangsa. Yap, ini merupakan bukti nyata betapa masyarakat kita dengan sukses telah terbelenggu oleh stigma bahwa produk luar selalu lebih berkualitas, akhirnya produk lokal pun dipandang sebelah mata. Padahal kalo kita mau sadar, di luar segmen otomotif banyak produk lokal yang tanpa kita sadari punya kualitas jempolan, malah kita menyangka bahwa itu adalah produk luar negeri. Sebagai contoh adalah Polytron, Polygon, Bodypack, Krisbow, sampai hoka2 bento, akrab dengan brand2 tersebut bukan? Produk2 tersebut adalah produk buatan Indonesia, milik orang Indonesia, dan brand asli Indonesia.

Produk dalam negeri nehhhh 😀

Selidik punya selidik, salah satu penyebab dari eksisnya Polytron, Maspion, dsb justru karena mereka tidak membawa embel2 “produk dalam negeri”. Dengan menggunakan nama yang cenderung terdengar “asing” produk mereka di anggap produk luar negeri dan orang2 pun mau membeli. Sebuah bukti bahwa produk lokal itu sebenarnya berkualitas, hanya masyarakatnya saja yang belum percaya dengan produk buatan bangsa sendiri.

Balik soal Esemka, keberadaan mobil Nasional ini perlu didukung oleh semua kalangan. Pemerintah seharusnya memberikan dukungan total kepada Esemka baik dari segi pengembangan teknologi maupun pemasaran agar produk Esemka semakin di minati. Sehingga nantinya triliunan rupiah yang mengalir deras dari Industri otomotif tidak hanya dinikmati oleh pabrikan2 luar saja. Dan masyarakat pun hendaknya tidak perlu ragu jika memang berniat memilih produk lokal sebagai pilihannya.  INDONESIA BISA!! 😀

 

NB : buat yang mau tau apa aja produk lokal yang sering disangka produk luar negeri bisa masuk ke http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7850510 :mrgreen:

Bikers dan kantong kresek

Kantong Kresek

Selamat hari kamis masbrow…. 😀 Sekedar ingin berbagi tips dengan masbro semua soal benda yang sering dianggap remeh namun punya sejuta manfaat, yakni kantong kresek. Setau ane masih jarang bikers yang sedia kantong kresek dikala riding padahal manfaatnya banyak banget lho, terlebih di kala musim hujan seperti ini yang sering membuat para bikers gundah gulana :mrgreen: . Kantong kresek disini bukan berfungsi sebagai pengganti helm :mrgreen:, kegunaan kantong kresek lebih kepada mengamankan barang2 para masbrow ketika hujan melanda dan masbro terpaksa harus menembus badai hujan. Dengan menyediakan kantong kresek agan bisa memasukkan benda2 yang ringkih terhadap air kedalam kantong kresek, seperti handphone, dompet, dan tentu saja korek dan bungkus rokok :mrgreen: . Namun ane tidak merekomendasikan penggunaan kantong kresek yang sudah terisi barang2 tersebut untuk digantung di setang, karena klo terlalu berat bisa mengganggu riding. Alangkah baiknya kantong kresek yg sudah terisi tersebut dimasukkan kedalam tas saza. Kenapa harus pake kantong kresek, gak langsung masuk tas saja? waduh, beragam tas sudah ane coba pake buat nembus hujan tapi tetep aja tembus air. Daripada beresiko tentu lebih baik barang yang penting di cover lagi dengan kantong kresek.

Kegunaan kantong kresek gak cuman disitu. Buat masbro yang suka pake klakson tipe keong dan knalpot racing/bobokan kantong kresek berfungsi buat menyumpal lubang klakson dan knalpot ketika dicuci. Dari obrolan ane dengan seorang penjual klakson merek Denso, banyak klakson customer yang rusak gara2 kemasukan air saat di cuci steam, ealahhh. So kalo masbro semua habis belanja di warung atau minimarket kantong kreseknya jangan dibuang. Mending disimpen saaja di motor, sewaktu2 bisa sangat membantu. Itung2 memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai :). Sekian tips sotoy dari ane, semoga berguna :mrgreen: .

Seorang pejabat dipandang tak hanya dari Kinerjanya saja

Rombongan pejabat tanpa helm

Berawal dari tulisannya om bence soal pejabat yang ndak pake helm, ane jadi ikut terusik. Apalagi menyadari bahwa semakin hari banyak pejabat dari yang level kroco sampe yang level big boss kelakuannya ketika di Jalan tidak mencerminkan tanggung jawab yang di emban mereka. Rasanya sudah umum ngeliat kendaraan pejabat dengan plat merah ataupun plat institusi tertentu ngeloyor ke jalur busway, nerabas lampu merah, dan beragam pelanggaran lalu lintas lainnya.

Kalau kita mau cermat, apa yang dilakukan oleh para pejabat yang melanggar lalin itu membawa dampak yang sangat tidak baik bagi dirinya maupun masyarakat. Sesuai judul ane menyatakan bahwa pejabat tidak hanya dilihat dari kinerjanya saja, namun juga dari apa saja yang dia lakukan. Yap, pejabat adalah orang yang disorot oleh masyarakat luas, mereka adalah orang yang dipercaya untuk mengemban amanah tugas tertentu demi kepentingan masyarakat. Oleh karenanya tingkah laku para pejabat juga seringkali menjadi role model bagi sebagian anggota masyarakat.

Yang begini sih bukan teladan yang baik

Kalau kita mau cermat, apa yang dilakukan oleh para pejabat yang melanggar lalin itu membawa dampak yang sangat tidak baik bagi dirinya maupun masyarakat. Sesuai judul ane menyatakan bahwa pejabat tidak hanya dilihat dari kinerjanya saja, namun juga dari apa saja yang dia lakukan. Yap, pejabat adalah orang yang disorot oleh masyarakat luas, mereka adalah orang yang dipercaya untuk mengemban amanah tugas tertentu demi kepentingan masyarakat. Oleh karenanya tingkah laku para pejabat juga seringkali menjadi role model bagi sebagian anggota masyarakat.

Lha kalo para pejabatnya saja tidak memberikan contoh yang baik, gimana rakyatnya? Ambil contoh kejadian tempo hari ketika Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono,  Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, beserta pejabat daerah mengunjungi batas negara di Kalimantan barat tanpa helm. Mungkin ada yang bilang kalo wajar mereka ga pake helm, kan jalannya pelan, kan itu cuma di desa, kan ini, kan itu, dsb…… Masalahanya bukan disitu masbro, apa yang mereka lakukan itu disorot media dan bukanlah sebuah hal yang edukatif dari sisi road safety. Para pejabat idealnya harus memberikan contoh teladan kepada masyarakatnya. Dari kacamata masyarakat yang sadar akan pentingnya keselamatan di jalan, apa yang para menteri itu lakukan tentu adalah hal yang amat tidak simpatik.

Para pejabat harusnya sadar bahwa apa yang mereka lakukan akan selalu di sorot oleh masyarakat, apalagi kalau sampai diliput oleh media. Oleh karenanya harusnya seorang pejabat memiliki tanggung jawab untuk memberikan teladan bagi masyarakat. Yah moga saza mereka bisa sadar… tp kapan yah sadarnya? :mrgreen:

 

#gambar nyomot dari om bence semua :mrgreen:

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Framing Life, Capturing Souls

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Yang Lain

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog