Seorang pejabat dipandang tak hanya dari Kinerjanya saja

Rombongan pejabat tanpa helm

Berawal dari tulisannya om bence soal pejabat yang ndak pake helm, ane jadi ikut terusik. Apalagi menyadari bahwa semakin hari banyak pejabat dari yang level kroco sampe yang level big boss kelakuannya ketika di Jalan tidak mencerminkan tanggung jawab yang di emban mereka. Rasanya sudah umum ngeliat kendaraan pejabat dengan plat merah ataupun plat institusi tertentu ngeloyor ke jalur busway, nerabas lampu merah, dan beragam pelanggaran lalu lintas lainnya.

Kalau kita mau cermat, apa yang dilakukan oleh para pejabat yang melanggar lalin itu membawa dampak yang sangat tidak baik bagi dirinya maupun masyarakat. Sesuai judul ane menyatakan bahwa pejabat tidak hanya dilihat dari kinerjanya saja, namun juga dari apa saja yang dia lakukan. Yap, pejabat adalah orang yang disorot oleh masyarakat luas, mereka adalah orang yang dipercaya untuk mengemban amanah tugas tertentu demi kepentingan masyarakat. Oleh karenanya tingkah laku para pejabat juga seringkali menjadi role model bagi sebagian anggota masyarakat.

Yang begini sih bukan teladan yang baik

Kalau kita mau cermat, apa yang dilakukan oleh para pejabat yang melanggar lalin itu membawa dampak yang sangat tidak baik bagi dirinya maupun masyarakat. Sesuai judul ane menyatakan bahwa pejabat tidak hanya dilihat dari kinerjanya saja, namun juga dari apa saja yang dia lakukan. Yap, pejabat adalah orang yang disorot oleh masyarakat luas, mereka adalah orang yang dipercaya untuk mengemban amanah tugas tertentu demi kepentingan masyarakat. Oleh karenanya tingkah laku para pejabat juga seringkali menjadi role model bagi sebagian anggota masyarakat.

Lha kalo para pejabatnya saja tidak memberikan contoh yang baik, gimana rakyatnya? Ambil contoh kejadian tempo hari ketika Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono,  Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, beserta pejabat daerah mengunjungi batas negara di Kalimantan barat tanpa helm. Mungkin ada yang bilang kalo wajar mereka ga pake helm, kan jalannya pelan, kan itu cuma di desa, kan ini, kan itu, dsb…… Masalahanya bukan disitu masbro, apa yang mereka lakukan itu disorot media dan bukanlah sebuah hal yang edukatif dari sisi road safety. Para pejabat idealnya harus memberikan contoh teladan kepada masyarakatnya. Dari kacamata masyarakat yang sadar akan pentingnya keselamatan di jalan, apa yang para menteri itu lakukan tentu adalah hal yang amat tidak simpatik.

Para pejabat harusnya sadar bahwa apa yang mereka lakukan akan selalu di sorot oleh masyarakat, apalagi kalau sampai diliput oleh media. Oleh karenanya harusnya seorang pejabat memiliki tanggung jawab untuk memberikan teladan bagi masyarakat. Yah moga saza mereka bisa sadar… tp kapan yah sadarnya?:mrgreen:

 

#gambar nyomot dari om bence semua:mrgreen:

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Januari 11, 2012, in Road Safety Stuff, Social Stuff and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. lah diam2 ternyata nulis juga😀

  2. di luar negeri perasaan ada yg mngizinkan tanpa helm ya…..hemmmmmmmm…klo pola pikirnya ngikut tulisan di atas hrusnya budaya road safety di indonesia lebih oke donk..nyatanya???
    mgkin ini sama kyk gini,jikalau kebelet pipis di kota,ya cari toilet nth itu pom ato gedung mall pdhl bisa saja jauh dan emg lg kbelet..coba pipis dpgir jalan….dibilgin ga berbudaya deh…
    tapi klo lagi di daerah sawah….yg sepi….dan lagi macul dari pada hrus pulg dulu,pipis,ya udah tingal tembak ditempat deh…..ga ada yg mencak2 tu(apa budaya kota lebih santun dari desa????)
    jgn latah deh…plisss ah…..lihat konteksnya,kita ini manusia bukan robot

    • kalo di Eropa diizinkan gak pake helm cuma kalo make matic 50cc kebawah, selebihnya mutlak masbro. Kalo ada yang ngeyel gak pake helm yah termasuk alay juga, diluar negeri bukan berarti semuanya taat lalin juga brader. Ngomongin soal road safety mau di sawah maupun di jalan aspal ya harus tetep safety. Mau jatuh di sawah maupun di aspal yah tetep aja sakit. Kita emang bukan robot, makanya kalo jatuh sakit, jadi ya kudu pake helm lah:mrgreen:

  3. wah klo baca di UU no 22 tahun 2009 bagian keempat “Tata cara berlalu lintas” paragraf 1 pasal 106 ayat 8 disitu tertulis “setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar SNI” klo ngga make helm baca aja di bagian sanksinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: