Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Tak Perlu Cakram Untuk Bikin Pakem Rem Belakang
SociusRider – Terlahir dengan rem belakang tromol/drum, banyak yang merasa kurang pede dengan aspek pengereman Yamaha Scorpio series. Dapat dimaklumi mengingat saat ini adalah era dimana motor bebek pun sudah menganut cakram belakang, rem tromol pun rasanya jadi ketinggalan jaman, tapi apa betul harus pakai cakram supaya pakem?
Penggunaan cakram pada roda belakang Yamaha Scorpio Z sebenarnya bukanlah hal yang perlu-perlu banget, mengingat pabrikan sudah menghitung kebutuhan pengereman yang tepat untuk si kalajengking garpu tala. Namun jika anda ingin mengoptimalkan kinerja pengereman ada cara yang lebih mudah dan murah ketimbang pasang cakram belakang, yakni dengan mengganti paha rem/lever camshaft Scorpio dengan milik Yamaha Byson.
Paha rem Byson memiliki panjang 15cm atau 3cm lebih panjang dari milik Scorpio. Dengan ukuran yang lebih panjang maka paha rem Byson menghasilkan torsi atau daya yang lebih besar kala pedal rem belakang diinjak, hal ini berujung kepada kinerja pengereman yang jadi lebih responsif alias pakem.
Asiknya, pemasangan paha rem Yamaha Byson bersifat plug and play di Yamaha Scorpio series maupun motor Yamaha dengan rem belakang tromol lainnya di Indonesia. Paha rem Byson dapat ditebus dengan mahar Rp 20.000,- saja, harga bisa berbeda di tiap toko. Kalau tidak mau pusing, bisa menghubungi Julian Motor Sport (Klik) untuk pemasangan paha rem Byson di Scorpio.
Penulis sendiri belum mengetahui apakah aplikasi paha rem Byson dapat plug and play pada kuda besi di luar Yamaha. Yang pasti penggunaan paha rem yang lebih panjang pada rem belakang tromol kuda besi apapun dapat meningkatkan kinerja pengereman di roda belakang. Aplikasi paha rem yang lebih panjang dapat meningkatkan kinerja pengeraman tanpa menuntut perubahan yang merepotkan.
Perlu diketahui bahwa pemasangan cakram belakang pada sepeda motor dengan rem tromol belum tentu tepat guna. Efektifitas pengereman akan sangat ditentukan oleh cara pemasangan dan penggunaan part pengereman (kaliper, piringan cakram, dll) yang tepat. Cara pemasangan dan penggunaan part yang tidak tepat justru dapat mengundang potensi bahaya. Banyak kasus dimana rem cakram belakang hasil modifikasi justru mengunci, tidak pakem, kaliper macet, tabung minyak rem bocor, dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini berguna, salam…
Mukhammad Azdi
Posted on Oktober 23, 2015, in Modification, Motorcycle Stuff and tagged brake, byson, cakram, disk, kaliper, lever camshaft, modifikasi, paha rem, rem, scorpio, tips, trik, tromol, yamaha. Bookmark the permalink. 8 Komentar.
ajib.. permisi om numpang lewat
murah jg ya om
Mudah dan murah om 😀
Virus menjalar ini, kalau menurut saya sih intinya memperpanjang jarak main rem, kalau tambah pakem masih bertanya2 saya, yg jelas kampas belakang selalu lebih awet daripada kampas rem depan…. 🙂
Yang saya rasakan sih cukup bikin tambah pede saat ngerem, dan memang cara ngerem yang baik proporsi pengereman lbh banyak dengan rem depan 😀
wah dapat ilmu baru lagi ane,,
Semoga berguna bro ☺
Sangat berguna bro..thanks ilmunya.