Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Aplikasi Shockbreaker Depan dan Speedometer Yamaha Byson

Shockbreaker depan Byson bikin Scorpio jadi gagah.

SociusRider – Artikel ini merupakan kelanjutan dari tulisan lama saya tentang modifikasi Yamaha Scorpio Z di tahun 2012 silam (klik). Banyaknya rekan-rekan yang menanyakan aplikasi shockbreaker depan dan speedometer Yamaha Byson di Scorpio mendorong saya untuk mengulas sedikit lebih detail tentang pemasangan dua part tersebut, sayang karena saya bukan blogger papan atas ulasan ini baru sempat saya posting tiga tahun kemudian. Bagaimana sih pasangnya?

Tidak seperti sekarang, pada 2012 silam saya nyaris sulit menemukan bengkel yang bersedia mengaplikasikan shockbreaker depan dan speedometer Byson di Yamaha Scorpio. Alih-alih untuk keperluan modifikasi, berburu partnya saja masih susah di usia Yamaha Byson yang masih sangat muda kala itu. Jalan terang muncul kala saya menemukan informasi tentang Kang Adie Mukti dari padepokan Abbys Performance, Bandung.

Dari informasi yang saya dapat Kang Adie menyediakan jasa pemasangan Shockbreaker depan dan speedometer Yamaha Byson yang sifatnya plug and play di Yamaha Scorpio Z Series. Lho bagaimana caranya dua part Byson tersebut bisa plek di Scorpio? Kuncinya ada di modifikasi pada shockbreaker depan dan speedometer Yamaha Byson itu sendiri.

Melibas tikunga jadi pede dengan shockbreaker depan Byson yang stabil.

Melibas tikungan jadi pede dengan shockbreaker depan Byson yang stabil.

Untuk urusan peredam kejut depan Yamaha Byson, Kang Adie mengubah bentuk dan ukuran as segitiga shockbreaker Byson agar dapat nemplok sempurna di Scorpio. Untuk memudahkan pemasangan roda depan Kang Adie juga menyediakan as roda Yamaha Byson yang sudah disesuaikan dengan tromol dan velg Scorpio.

Selama tiga tahun pemakaian shockbreaker depan racikan Kang Adie saya tidak menemui kendala apapun. Aplikasi peredam kejut Byson bahkan membuat saya lebih pede kala menikung, dan shockbreaker tetap kokoh kala menghadapi jalan yang cenderung off-road. Kalaupun ada sedikit minus itu adalah redaman shockbreaker yang lebih keras, namun itu tak lain merupakan karakteristik shockbreaker depan Byson, tak masalah.

Untuk urusan speedometer Kang Adie juga melakukan modifikasi kabel dan kelistrikan pada piranti milik Byson agar dapat terpasang dan berfungsi di Scorpio. Berhubung saya menggunakan shockbreaker depan Byson maka speedometer pun terpasang dengan mudah sesuai dudukannya, akan dibuatkan dudukan tambahan jika ingin memasang speedometer Byson namun tetap memasang peredam kejut depan standar Scorpio.

Semua panel berfungsi baik, ada catatan khusus di fuelmeter.

Berkat modifikasi yang dilakukan Kang Adie speedometer Byson dapat berfungsi dengan baik, semua panel instrumen berfungsi sebagaimana mestinya kecuali satu; fuelmeter alias penunjuk kapasitas bahan bakar. Menurut Kang Adie perbedaan sensor bahan bakar di tangki Yamaha Scorpio yang berbeda dengan Yamaha Byson membuat fuelmeter jadi tidak akurat.

Ketika posisi fuelmeter menunjukkan jumlah bahan bakar masih 50 persen kondisi bahan bakar di tangki justru sudah habis, untungnya pengguna Scorpio tinggal memutar keran bensin ke mode “res” untuk menggunakan bahan bakar cadangan sambil mencari SPBU terdekat, masih bisa di tolerir. Patut menjadi catatan dari pemasangan speedometer Byson adalah agar menghindari kesalahan pemasangan kabel jikalau suatu waktu melepas dan memasang kembali speedometer, kesalahan pemasangan dapat menyebabkan arus pendek alias korslet yang menyebabkan speedometer gagal berfungsi.

Pemasangan shockbreaker depan dan speedometer Byson di Abbys Performance tidak butuh waktu lama, bisa ditunggu lantaran semua part sudah plug and play. Mengingat butuh modifikasi pada dua part tersebut maka calon konsumen harus memesan lebih dahulu, dalam kasus saya kedua part ready stock dalam waktu satu minggu. Pada saat artikel ini rilis Kang Adie mematok mahar Rp 2.500.000,- untuk pemasangan shockbreaker depan, dan Rp 1.300.000 untuk speedometer. Kang Adie dapat dihubungi melalui Facebook (klik) dan telepon/sms di 0817202904, atau kunjungi markas Abbys Performance yang beralamat di Jl. Lodaya no 26. Bandung (sebelah Pasar Bunga Palasari). Semoga berguna, salam…

Mukhammad Azdi

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Oktober 22, 2015, in Modification, Motorcycle Stuff and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: