Mengatasi Gejala Limbung di Toyota Avanza: Jangan Overkill!

Aplikasi Velg dengan diameter dan tapak yang lebih lebar meningkatkan traksi mobil.

Aplikasi Velg dengan diameter dan tapak yang lebih lebar meningkatkan traksi mobil.

SociusRider – Sudah bukan rahasia lagi jika Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, maupun Low-MPV lainnya di Indonesia kerap kali bermasalah dengan gejala body roll alias limbung di kecepatan tinggi. Banyak alternatif solusi yang ditawarkan, namun hati-hati jangan overkill alias berlebihan! Lantas apa saja sih yang harus diperhatikan?

Semenjak ditebus pada 2010 silam, gejala limbung sudah menjadi hal mengganggu kala memacu Toyota Avanza Type G yang jadi kendaraan keluarga di rumah. Setelah berkonsultasi dengan rekan-rekan yang cukup mahfum dengan dunia roda empat dan mencari beberapa referensi di dunia maya, akhirnya diputuskan melakukan dua ubahan demi meminimalisir gejala limbung di Avanza.

Ubahan pertama adalah dengan mengganti keempat roda dengan diameter dan tapak yang lebih lebar. Roda dengan diameter dan tapak yang lebih lebar diharapkan dapat menambah traksi mobil sehingga stabilitas pun meningkat.

Untuk urusan roda ini saya memutuskan pilihan kepada velg Brave Ellegance asal Taiwan dengan diameter 17inch dan lebar 7,5inch (rata depan-belakang) yang dipadu ban Accelera Alpha 215/45-17. Bisa saja mengaplikasikan roda yang lebih besar atau lebar, namun dikhawatirkan akan berpengaruh pada performa mesin Avanza yang cuma 1300cc itu.

Pemasangan Sway Bar membuat kinerja suspensi belakang lebih stabil.

Pemasangan Sway Bar membuat kinerja suspensi belakang lebih stabil.

Ubahan awal pada area roda cukup meningkatkan stabilitas mobil meski gejala limbung belum berkurang sepenuhnya. Akhirnya diputuskan untuk melakukan ubahan kedua, yakni pemasangan Sway Bar di kaki-kaki belakang Avanza.

Sway Bar berfungsi sebagai stabilizer roda belakang yang bertugas menyeimbangkan kinerja roda kiri dan kanan belakang kendaraan. Pemasangan sway bar sifatnya plug and play alias tinggal plek saja tanpa ubahan apapun.

Efek penggunaan sway bar yang dipadu roda tapak lebar terbukti mengurangi gejala limbung dengan cukup baik, meski ya sekali lagi tidak bisa hilang juga sepenuhnya. Memang ada beberapa alternatif solusi tambahan untuk benar-benar menghilangkan gejala limbung, diantaranya adalah pemasangan strut bar, front lower bar, penggantian shock breaker, sampai ganti bushing, namun aplikasi yang berlebihan jusrtu belum tentu bermanfaat.

Pengaplikasian roda tapak lebar dan sway bar meski cukup baik mengurangi gejala limbung namun berdampak kepada bantingan yang sedikit lebih keras di jalan keriting, hal ini adalah konsekuensi dari suspensi yang jadi lebih rigid alias kaku. Dari konsultasi saya dengan rekan-rekan dan mekanik diputuskan ubahan cukup pada roda dan sway bar saja. Pengaplikasian part tambahan yang terlalu banyak dikhawatirkan dapat merubah titik  dan daya redaman kendaraan secara drastis, hal ini dapat berujung pada kendaraan yang semakin tidak nyaman atau bahkan tidak aman untuk dipakai harian.

Dapat dimaklumi jika melihat part-part yang saya sebutkan di atas aplikasinya lebih banyak pada mobil balap, bukan kendaraan harian keluarga. Patut diperhatikan, pabrikan sudah menghitung dengan cermat suspensi, kaki-kaki, dan aspek lainnya pada kendaraan untuk digunakan sehari-hari, kalaupun ada yang kurang jangan dirubah terlalu drastis. Pada akhirnya Avanza adalah Low-MPV bermesin 1300cc untuk keluarga, jangan diperlakukan layaknya mobil performance oriented, dan pastikan untuk selalu mematuhi peraturan lalulintas dengan tidak melebihi ambang batas kecepatan yang diperkenankan. Semoga berguna, salam…

Mukhammad Azdi

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Oktober 21, 2015, in Random Stuff, Road Safety Stuff and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Strutbar bukan untuk menghilangkan gejala limbung cak

  2. kirain lapaknya cuma melayani bungkus , Aerona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: