Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Spion New Thunder 125 Untuk Yang Suka Klasik

Spion New Thunder 125 bikin Scorpio kelihatan elegan dan klasik.

Spion New Thunder 125 bikin Scorpio kelihatan elegan dan klasik.

SociusRider – Kaca spion merupakan salah satu peranti vital di sepeda motor dan termasuk salah satu part yang paling sering diganti oleh para pemotor. Salah satu alasan penggantian spion adalah urusan penampilan, bagi penggemar tampilan klasik maka spion Suzuki New Thunder 125 dapat menjadi pilihan yang tepat.

Setelah tiga tahun menggunakan body dan tangki Yamaha New Scorpio Z (klik), rasa bosan mendorong saya untuk mengembalikan tampilan Scorpio lansiran 2006 kesayangan ke asalnya. Setelah kembali ke tampilan standar dengan kelir biru polos rasanya penggunaan spion Yamaha New Jupiter MX (klik) jadi kurang sreg di pandang, maklum saya ingin motor tampil klasik ala motor gede era 1980 sampai 1990-an.

Bentuknya mirip spion motor gede era 1990-an.

Bentuknya mirip spion motor gede era 1990-an.

Awalnya saya ingin menggunakan spion Honda CB400, namun sayang harganya yang sekitar Rp 400.000,- bikin dahi berkerut. Sempat ingin menggunakan spion Suzuki Thunder 250 namun mencari yang orisinil susahnya minta ampun, saya memang cenderung ogah menggunakan part KW atau imitasi.

Kegamangan urusan spion ini hilang manakala saya berjumpa dengan kawan sesama pengguna Scorpio yang menggunakan spion Suzuki New Thunder 125. Minimnya promosi dari Suzuki membuat saya sempat nggak ngeh kalau Suzuki New Thunder 125 punya spion yang bergaya klasik, beda dengan Thunder 125 generasi sebelumnya.

Permukaan kaca yang luas bikin pantulan kondisi di belakang saat berkendara jadi lebih jelas, dan cocok untuk selfie :mrgreen:

Permukaan kaca yang luas bikin pantulan kondisi di belakang saat berkendara jadi lebih jelas, dan cocok untuk selfie :mrgreen:

Spion New Thunder 125 punya bentuk kaca yang cenderung kotak dengan tangkai panjang dan hadir dalam balutan krom, khas spion motor gede era 1990-an seperti Honda CB400, Suzuki Bandit 400, atau Yamaha XJR 400. Asyiknya tangkai yang panjang dan permukaan kaca yang besar membuat pantulan spion sangat luas untuk memantau kondisi di belakang, jelas mendukung aspek safety riding.

Saya menebus spion New Thunder 125 dari salah satu seller part Suzuki di Kaskus seharga Rp 130.000,- saja, sayangnya kontak seller tersebut kini hilang dan thread di FJB Kaskus pun tak kunjung saya temukan kembali. Bagi yang berminat menebus spion New Thunder 125 mungkin bisa menuju dealer Suzuki atau toko sparepart dan aksesoris terdekat, meski konon barang tidak selalu ready stock.

Spion New Thunder 125 dapat langsung terpasang di Yamaha Scorpio series lantaran drat spion memiliki ukuran dan arah putar yang sama. Selain di Yamaha Scorpio, spion New Thunder 125 juga bisa terpasang di hampir semua kuda besi Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki, pengguna sepeda motor Honda harus memodifikasi drat dan ulir atau membuat adaptor agar spion New Thunder 125 dapat terpasang dengan baik. Semoga tulisan ini bermanfaat, salam…

Mukhammad Azdi

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Oktober 25, 2015, in Modification, Motorcycle Stuff and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. assalamua’laykum…
    salam busi kiri..
    spion new thunder PnP ke scorpio mas..? ada modifikasi lagi ga…?

Tinggalkan komentar

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Framing Life, Capturing Souls

Aripitstop.com

otomotif news

Maskurblog

Kembali Ke Mode Gratis

BAPAKE VALKYLA'S BLOG

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Joe Trizilo

Personal Blog

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Cafebiker

Tempat nongkrongnya para biker...dan kafeinisme...