Kapan ya Indonesia punya Komite Khusus Quality Control Kendaraan?

Avanza lokal ternyata beda dengan Avanza Ekspor

Belum lama ini ngobrol dengan salah satu kawan yang pernah merantau ke Malaysia, emang dasarnya hobi soal otomotif akhirnya obrolan mengarah soal mobil dan motor di Malaysia. Salah satu hal yang menarik dari obrolan ane tersebut, kawan ane berujar bahwa mobil-mobil yang dijual di Malaysia lebih bagus dibanding mobil sejenis di Indonesia. Sebagai contoh adalah Toyota Avanza, dia berujar bahwa Avanza disana bodynya lebih tebal, dan dikendarainya pun lebih nyaman. Padahal Avanza yang di Malaysia dirakitnya juga di Indonesia lho. Usut punya usut ternyata sudah hal yang lumrah jika pabrikan mobil di Indonesia membedakan kualitas mobil yang akan di jual di Indonesia dengan yang akan di ekspor. Hal ini karena biasanya negara tujuan ekspor memiliki standar kelayakan jalan yang jauh lebih ketat terhadap mobil yang akan beredar di jalanannya.

Rendahnya standar kelayakan jalan kendaraan di Indonesia jelas merugikan, bagaimana tidak? Mobil dirakit disini, tapi yang dijual disini akhirnya yang kualitas kw, preettt. Perlu diketahui bahwa standar kelayakan kendaraan di luar negeri itu cukup ketat, diantaranya ketebalan plat body, sampai kerapatan antara pintu dengan body pun diukur. Begitupun piranti keselamatan seperti rem ABS,EBD, Airbag, dan sebagainya seringkali wajib disertakan. Nah, detail2 tersebut belum bisa dipenuhi oleh sebagian kendaraan yang di jual di Indonesia, terutama di mobil2 entry level seperti Avanza, APV, Gran Max, dll. Memang sih dengan standar kelayakan jalan yang lebih rendah ongkos produksi jadi lebih murah, tapi kualitas akhirnya harus dikorbankan. Yah namanya juga orang jualan, pengennya untung segede-gedenya.

Di Amrik, mobil sekelas BMW X5 pun diawasi dengan ketat dan pernah kena Recall

Belajar dari negeri Pakde Sam alias Amrik yang punya lembaga keselamatan transportasi yang bernama NHTSA alias National Highway Traffic Safety Administration, maka kita juga harusnya punya lembaga sejenis yang bertugas sebagai quality control terhadap kendaraan. Di amrik sana NHTSA berfungsi menentukan standar kelayakan kendaraan yang akan dijual di Amrik. Tak hanya itu NHTSA juga berhak menyelidiki kendaraan yang sudah terjual. Jika terbukti setelah beberapa tahun sebuah kendaraan dijual ditemukan masalah yang membahayakan, maka kendaraan tersebut wajib di recal alias ditarik dari pasaran!! Di Indonesia memang ada YLKI namun YLKI terlalu general, diperlukan sebuah lembaga yang berfungsi mengawasi dan menentukan standar kelayakan jalan sebuah kendaraan secara spesifik. Dengan adanya lembaga tersebut maka kendaraan yang akan di jual disini adalah kendaraan yang berkualitas. Pabrikan jangan mau untungnya doang dong, standar kenyamanan dan keselamatan konsumen kan juga pentingūüėÄ . Kalau saja lembaga seperti NHTSA itu ada di Indonesia dan memiliki standar kelayakan jalan yang tinggi maka kualitas mobil disini akan setara dengan di Luar negeri. Dan kalau lembaga tersebut turut mengawasi pabrikan motor mungkin Oblaknya V-Ixion dan coaknya Mega Pro ga bakal kejadian:mrgreen: .

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Februari 18, 2012, in Random Stuff and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Kalo ada Komitenya, banyak produk mobil di Indonesia yang banyak kena recall……

  1. Ping-balik: Di Amerika Footstep Rawan Copot kena Recall, di Indonesia Komstir Oblak dkk dibiarkan « Sociusrider.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: