Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Aplikasi Swing Arm Lebar RD Racing

Lengan ayun RD Racing dengan stabilizer bikin Tampilan Scorpio makin kekar. (Sumber gambar: motor.otomotif.net)

Lengan ayun RD Racing dengan stabilizer bikin Tampilan Scorpio makin kekar. (Sumber gambar: motor.otomotifnet.com)

SociusRider – Salah satu cara untuk membuat tampilan sepeda motor semakin kekar adalah dengan mengganti kaki-kaki si kuda besi. Jika sebelumnya saya sempat mengulas aplikasi shockbreaker depan Yamaha Byson (klik), kali ini pemasangan swing arm/lengan ayun RD Racing di Yamaha Scorpio Z yang akan menjadi bahasan.

Ketika hendak mengganti lengan ayun standar Yamaha Scorpio Z kesayangan saya dihadapkan pada beberapa pilihan lengan ayun aftermarket. Beragam model lengan ayun dengan rentang harga yang bervariasi banyak beredar di pasaran, pilihan akhirnya jatuh kepada lengan ayun RD Racing yang diklaim buatan negeri gajah putih alias Thailand.

Keputusan untuk memilih lengan ayun RD Racing di latar belakangi oleh aplikasi lengan ayun yang bersifat plug and play. Lengan ayun RD Racing untuk Yamaha Scorpio sendiri terdiri dari dua model, yakni dengan besi melintang yang berfungsi sebagai stabilizer dan model polos tanpa stabilizer. Pilihan jatuh pada model pertama lantaran tampilan yang seolah lebih kekar, kedua model lengan ayun sama-sama memiliki ukuran pipa lengan ayun yang besar dengan as roda yang lebih panjang dari lengan ayun standar Yamaha Scorpio.

Lengan ayun RD Racing, selain kekar juga stabil. Abaikan rantai karatan di foto, sekarang sudah ganti kok :mrgreen:

Lengan ayun RD Racing, selain kekar juga stabil. Abaikan rantai karatan di foto, sekarang sudah ganti rantai kok:mrgreen:

Berbeda dengan salah satu lengan ayun buatan lokal yang sudah cukup populer, pemasangan lengan ayun RD Racing di Yamaha Scorpio tetap mempertahankan penggunaan arm relay (AR) dan connecting rod (CR). Karenanya tingkat ketinggian dan keempukan kuda besi tidak ditentukan oleh dudukan shockbreaker belakang di lengan ayun, melainkan sesuai dengan AR dan CR yang digunakan.

Kita ketahui banyak pengguna Yamaha Scorpio yang mengganti AR dan CR sebagai solusi mengatasi penyakit ambles si kalajengking. Penulis sempat mencoba salah satu lengan ayun aftermarket untuk Yamaha Scorpio yang tidak menggunakan AR dan CR, motor menjadi tinggi menjulang namun redamannya sangat keras sampai bikin perut mulas.

Tingkat redaman dan ketinggian Yamaha Scorpio pasca pemasangan lengan ayun RD Racing masing ditentukan AR dan CR yang digunakan.

Tingkat redaman dan ketinggian Yamaha Scorpio pasca pemasangan lengan ayun RD Racing masih ditentukan AR dan CR yang digunakan.

Dalam paket pembelian lengan ayun RD Racing turut disertakan boss dan as roda untuk memudahkan pemasangan. Tidak ada kesulitan berarti dalam pemasangan lengan ayun RD Racing, kalaupun ada yang sedikit minus adalah tidak dapat terpakainya rantai standar Yamaha Scorpio pada model lengan ayun yang saya pilih.

Adanya besi melintang yang berfungsi sebagai stabilizer membuat rantai orisinil Scorpio yang tanpa sambungan tidak bisa masuk, solusinya mengganti rantai aftermarket yang menggunakan sambungan, banyak pilihan di pasaran. Adapun pada model yang tidak menggunakan stabilizer maka pemasangan rantai standar tidak menemui kendala apapun.

Penggunaan lengan ayun RD Racing di Yamaha Scorpio Z selain menambah kekar tampilan juga turut meningkatkan stabilitas saat berkendara. Adapun untuk urusan kenyamanan akan ditentukan oleh AR dan CR yang digunakan, karena masing-masing AR dan CR punya karakter redaman yang berbeda. Asyiknya, dengan ukuran yang lebih lebar maka pemasangan lengan ayun RD Racing juga memungkinkan penggunaan ban dengan tapak lebar hingga ukuran 150.

Selain untuk Yamaha Scorpio, lengan ayun RD Racing juga tersedia untuk Suzuki Thunder 125, Honda Tiger, dan Yamaha V-Ixion. Lengan ayun RD Racing Yamaha Scorpio dengan model yang saya gunakan dapat ditebus dengan mahar Rp 650.000,- saja, harga dapat berbeda di tiap toko/pedagang. Penulis sendiri menebus lengan ayun RD Racing dari Bro Reza Akmal yang dikenal sebagai salah satu recommended seller part dan aksesoris Yamaha Scorpio, beliau dapat dihubungi melalaui Facebook (klik) dan telepon di 0813-1040-6855. Semoga ulasan ini bermanfaat, salam…

Mukhammad Azdi

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Oktober 24, 2015, in Modification, Motorcycle Stuff and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Bro..
    Please info, untuk rem belakang ada yang perlu diganti ga?
    Ane pasang ganti rantai (karna pakai yang ori kurang panjang), dan ane nambah pasang ring di sisi kanan nya. alhasil ane kebingungan nempatin besi untuk rem belakangnya. kalau paha rem yng di ban ane keatasin, paha yang di footstep kurang tinggi ke ganjel sama arm.

    mungkin ada saran?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: