Lebih Dekat Dengan Yamaha FZ-226

Tampak Kanan

Tampak Kanan

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya terdahulu yang entah kenapa gambarnya juga hilang 😦 , mohon maaf kalau baru sekarang artikel ini bisa dirilis. Kebetulan belakangan ini kesibukan dan mood yang labil cukup menghambat aktivitas blogging :mrgreen:. Lanjut saja, kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai beberapa ubahan yang saya lakukan pada Yamaha Scorpio Z FZ-226 saya dengan sedikit lebih mendetail. Konsep modifikasi yang saya coba aplikasikan adalah dengan metode “ganti casing”, solusi meremajakan tampilan motor sehingga tetap percaya diri tanpa harus membeli motor baru 😀 .

IMG00576-20120915-0938

Tampak Kiri

Sekujur cover body sampai tangki Scorpio lama saya pun dicopot, kemudian diganti dengan tangki dan cover body milik Yamaha New Scorpio Z. Pemasangan cover body bukan berarti tanpa kendala, awalnya cover body belakang dipasang dengan menggunakan cable ties yang diikat ke sasis yang ternyata bikin sekujur cover body bergetar dan bikin motor kurang nyaman dikendarai. Akhirnya beberapa waktu lalu motor pun digelandang ke Syndicate Motor untuk dibuatkan dudukan baru pada sasis sebagai penopang cover body tengah dan belakang, dan masalah getar pun teratasi. Untuk pemasangan tangki baru sama sekali tidak ada kendala, tangki New Scorpio Z bisa dipasang di Scorpio lama tanpa ubahan apapun.

Headlamp Yamaha FZ-S, Bikin Pangling :D

Headlamp Yamaha FZ-S, Bikin Pangling 😀

Untuk area wajah saya memilih menggunakan headlamp milik Yamaha FZ-S yang saya tebus dari VJ Racing Speed dan dipadukan dengan speedometer digital milik Yamaha Byson. Kombinasi speedometer Yamaha Byson dan headlamp Yamaha FZ-S sama sekali tidak memiliki kendala, ini karena Yamaha FZ-S pada dasarnya sama saja dengan Byson yang berbeda visor :mrgreen:. Penggunaan Shockbreaker depan Byson mempermudah pemasangan headlamp dan speedometer.

Speedometer Byson

Speedometer Byson, Setang Byson, Raiser AHRS

Lanjut ke bagian kaki-kaki, selain shockbreaker depan milik Yamaha Byson saya juga mengaplikasikan Velg Chemco dengan diameter 2,5 inch (depan) dan 3,5 inch (belakang). Urusan ban saya percayakan kepada Corsa S123 untuk depan dan Michellin Pilot Sporty untuk belakang, tadinya saya mau pakai Michellin di kedua roda namun apadaya stok saat itu hanya ada untuk roda belakang :mrgreen: . Menyikapi penyakit ambles di Yamaha Scorpio maka turut disematkan arm relay merek BR agar motor sedikit nungging

Tampak Belakang

Tampak Belakang (Saat pakai knalpot standar)

Untuk mesin nyaris tidak ada ubahan berarti, cuma oversize 50 saja. Peranti pelepas gas buang menggunakan Abbyss B Series yang covernya menggunakan milik Yamaha Byson. Rencana ke depan mesin paling hanya ingin di porthing dan polish saja, toh tenaga Yamaha Scorpio sudah lebih dari cukup menurut saya. Demikian saja yang bisa saya bagi mengenai FZ-226, semoga berguna 😀 .

Detail Modifikasi:

Motor Yamaha Scorpio Z 2006
Mesin OS 50 (226CC)
Knalpot Abbyss B Series
Cover Body & Tangki Yamaha New Scorpio Z
Headlamp Yamaha FZ-S
Rear Lamp Yamaha New Scorpio Z
Spakbor Depan Yamaha Byson
Spakbor Belakang Honda CS-1
Sein Yamaha Byson (depan) dan aftermarket (belakang)
Speedometer Yamaha Byson
Shockbreaker Depan Yamaha Byson
Arm Relay BR
Velg Chemco
Ban Depan Corsa S123 110/80-17
Ban Belakang Michellin Pilot Sporty 130/70-17

Berikut adalah rekan-rekan yang sudah membantu penggarapan  FZ-226.

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Desember 26, 2012, in Modification, Motorcycle Stuff and tagged , , . Bookmark the permalink. 39 Komentar.

  1. mantaaabbbbsssssssss….

    kapan2 sunday riding bareng yukss

  2. mbok ke sini tak jajale

  3. wuihh habisnya lumayan tuh, bisa dapet bebek 😀

  4. Wuahh apik mas… Rapi dan ga kehilangan konsep muscle bike nya.
    Sya jadi kangen dg blue scorpio yg digondol maling durjana

  5. Wuahh apik mas… Rapi dan ga kehilangan konsep muscle bike nya.
    Sya jadi kangen dg blue scorpio yg digondol maling durjana.

    Berburu spot Bianka
    http://7leopold7.wordpress.com/2012/12/25/berburu-photo-spot-di-serpong/

  6. jos tenan..
    spakbor belakang dari CS1 ya?

  7. wewww…aluusss.
    Btw, pemasangan spakbor belakang PnP kah?

  8. Jalitheng standar pabrik siap meladeni sampai keponthal ponthal… Ta pur wis 😀

  9. cover samping emang beda sama scorpio lama ya?baru tau..padahal pengen ganti model ke new scorpio juga.. :mrgreen:
    klo speedometer byson cara pasangnya gmn tuh?ngakalin banyak om? 😀

    • Harus buat satu dudukan lagi oom, klo gak ntar geter2 gimanaa gitu :mrgreen:
      Speedometer Byson bisa pesen sama Abbyss Performance, disana terima order Speedometer Byson yg pluh n play sama pio 🙂

      • eh iya ya…cover sampingnya bedanya lumayan jauh…
        *hasil analisa sekilas dari web sparepart nya yamaha,,, :mrgreen:
        btw, thanks om buat infonya..
        speedo byson nya bikin ngiler…

  10. keren dah! andai YIMM keluarkan new scorpio spt ini, pasti laris, dengan velg 17″ dan selebar velg byson

  11. entek piro mas?

  12. seneng buka artikel iki 😀

  13. soal getar di motor gimana mas masih toleran gasih.

  14. Itu spakbor nya cs1
    trus buat nutupin kolong pake apa cs1 kan
    spakbor nya gak sampe ke kolong…

  15. muhammad habibie

    mas,saya rencana mau ganti tampilan full new scorpio z nie,saya punya scorpio taon 2010.yg mau saya diskusikan di forum ini,gmna ya mas pasang cover body samping new scorpio sama lampu belakang new scorpio nya ??
    bisa gak mas tolong kirim gambar chasis pembuatan dudukan chasis body samping sama dudukan lampu belakang new scorpio yg udah mas buat,,
    kalo masalah tangki minya kan sama ya mas ukuran chasis nya.tinggal di pasang doank.
    mkasihh mas sbelum nya..

  16. om, itu arm standar kan ya.. ada trouble nya gak dipasang ban 130??

  17. apa yg diubah mas dalam pemasangan shock depan bson di scorpio dn harga shock depan bison 1 set berapa mas???

  18. mas azdi saya juga lagi coba pasang bodyset scorpio new ke scorpio jadul saya 2005 bisa minta foto2in bagian rangka belakangnya buat acuan dibengkel mas. terima kasih banyak sebelumnya.

  19. Saya ada byson dan scorpio om, kalau silang segi tiganya apa yang harus saya tambah, apa udh langsung masang

  1. Ping-balik: Scorpyson, Bagus Tapi Kurang | Learning To Live

  2. Ping-balik: Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Aplikasi Shockbreaker Depan dan Speedometer Yamaha Byson | Sociusrider.wordpress.com

  3. Ping-balik: Modifikasi Yamaha Scorpio Z: Spion New Thunder 125 Untuk Yang Suka Klasik | Sociusrider.wordpress.com

Tinggalkan komentar

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Framing Life, Capturing Souls

Aripitstop.com

otomotif news

Maskurblog

Kembali Ke Mode Gratis

BAPAKE VALKYLA'S BLOG

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Joe Trizilo

Personal Blog

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Cafebiker

Tempat nongkrongnya para biker...dan kafeinisme...