Orang Baik (Ternyata) Masih Ada Di Jalan Raya

thanks

Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya bertemu dengan “orang baik” yang ternyata keberadaannya masih ada di jalanan ibukota yang kerazzz ini. Ditengah hiruk pikuk lalulintasnya, dan disaat banyak orang cenderung bersikap egois demi memenuhi hajatnya masing-masing tentu keberadaan orang-orang berhati mulia laksana seteguk air di padang yang gersang. Saya merasa beruntung bisa bertemu dengan dua orang baik yang menjadi tokoh utama dalam tulisan butut saya kali ini.

Orang baik pertama saya temui kira-kira dua bulan yang lalu di sekitar manggarai. Saat itu kebetulan speedometer saya sedang bermasalah sehingga saya tidak bisa mengetahui kondisi bensin yang ada di tangki motor melalui fuel meter. Malang tak bisa ditolak, saat riding saya telat sadar kalau belum isi bensin dan Yamaha Scorpio saya pun ngambek, mogok gak mau jalan. Saat itu malam sudah larut, sekitar pukul 23.00 saya mendorong motor sambil berharap ada abang bensin eceran yang masih buka. Baru 20 meter mendorong motor tiba-tiba sebuah Supra Fit yg dinaiki seorang anak muda (sepertinya masih SMA) berhenti di depan saya. Sekonyong-konyong dia langsung “nyerocos” dengan logat betawi yang kental “Abang kenape motornya? abis bensin ya? Sini ane bantu dorong ke pom. Dimari gak ada bensin eceran, kalo dorong sendiri jauh bang, situ pegel entar”. Mendapati tawarannya saya gak langsung nerima, kondisi sudah larut dan jalan sepi membuat saya harus ekstra waspada. Saya coba tolak secara halus namun ia tetap memaksa, akhirnya bismillah sajalah dan Yamaha Scorpio saya pun “disetut” oleh Supra Fitnya:mrgreen: .

Benar saja, ternyata sepanjang jalan tidak ada bensin eceran yang masih buka. Saya pun diantar oleh anak muda tersebut sampai ke pom bensin yang jaraknya sekitar dua kilometer dari lokasi awal mogok. Waduh, lumayan juga kalo tengah malem dorong Scorpio dengan Box Givi E46 bermuatan full sejauh itu. Sampai di pom bensin saya langsung ucapkan terimakasih, baru saya mau nanya nama eh si anak muda tersebut malah bilang “ane langsung cabut dulu ya, ditungguin emak dirumah, hehe” dan tanpa babibu lagi si anak muda tersebut langsung ngacir dengan Supra Fitnya. Saya bengong aja liat anak muda itu ngacir, antara bersyukur sudah dibantu sama sedikit lucu ngeliat tingkah anak muda yang baik itu:mrgreen:. Eniwei siapapun nama ente, saya ngerasa berterimakasih banget, moga dapet pahala yang banyak ente😀.

Orang baik kedua saya temui beberapa hari yang lalu di kawasan Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu saya yang baru saja turun dari Bus Damri kebingungan nyari angkot dan ojek untuk keluar dari kawasan Bandara. Waktu menunjuk pukul lima sore, hujan yang belum lama berhenti tampaknya bikin tukang ojek malas beredar, dan entah kenapa angkot khusus bandara (yang memang jumlahnya terbatas) tidak kunjung menampakkan diri. Karena bosan sayapun angkat kaki dari halte tempat saya turun dari bus, semoga ditengah jalan ada ojek yang lewat. Setelah berjalan beberapa puluh meter tak kunjung ada ojek ataupun angkot yang saya temui, yang saya dapati cuma kemacetan di sepanjang jalan menuju keluar Bandara dan gerimis yang mulai kembali turun.

Saya berlari-lari kecil mencari tempat berteduh, tak selang berapa lama tampak sebuah Supra X butut (supra lagi:mrgreen: ) berhenti disebelah trotoar dan menawarkan diri untuk mengantar saya. “Mau kedepan mas? Sini saya anter, mumpung masih gerimis, belum hujan” ujar si penunggang Supra X itu. Melihat langit yang masih gelap dan saya harus cepat pulang karena ada suatu urusan sayapun menerima tawarannya sembari mengucapkan terimakasih. Dari obrolan diatas motor saya ketahui namanya pak Nurjaman. Pak Nurjaman pun mengantarkan saya sampai ke gerbang keluar Bandara, dari situ sudah banyak ojek untuk mengantar saya ke rumah yang lokasinya sudah tidak jauh lagi. Sayapun mengucapkan terimakasih sekali lagi ke pak Nurjaman, dan beliau pun melenggang dengan Supra X nya menuju rumahnya di Cimone. Motor pak Nurjaman sudah butut, saat saya naik terasa sekali laher roda yang sudah kudu diganti, mesinnya pun berteriak lirih saat dipaksa menggendong saya yang berbobot diatas rata-rata:mrgreen:. Meskipun sudah butut, tapi rasa syukur karena sudah dibantu dengan ikhlas oleh pak Nurjaman ngalahin rasanya dibonceng naik motor mewah😀.

Kita memang harus tetap waspada saat ditawari bantuan manakala bermasalah di jalan, mengingat tak jarang insiden pemerasan sampai perampokan di jalan diawali dari hal tersebut. Meskipun begitu, sosok anak muda di manggarai tadi dan pak Nurjaman adalah potret nyata bahwa sesungguhnya masih ada orang berhati mulia di jalan raya. Terimakasih banyak dari saya, semoga orang-orang baik seperti kalian tidak lekas punah di kejamnya jalanan ibukota, amin.

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Desember 22, 2012, in Random Stuff and tagged , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. makin sering nraktir maka akan sering nemuin orang baik yg mau menraktir balik eh menolong😀 ayo traktir aku dong KK…:mrgreen: *martabak mana martabak .. adanya nasi uduk adinda

  2. saya juga pernah merasakan hal yang sama bro,masih ada orang yang baik di jakarta ini,waktu itu saya kehabisan bensin di kemang ,tau2 ada yang nawarin mau nyetut motor ane,pas malem takbiran haji kemarin,salam kebersamaan di jalan ( sl3 – smg) H

  3. pernah juga mas..
    sekitar th 2004 waktu masih pakai GL100, pulang belanja platina mati. jarak rumah di semarang bawah (indraprasta) sekitar 15 kilo. jalan naik turun karena kebetulan saya belanja di daerah semarang atas.
    akhirnya pacar saya suruh naik taksi, saya dorong motor. belum setengah jalan, ada bapak naik grand yg nawarin dorong motor saya. kata beliau “saya udah pernah ngalamin gini mas, jadi tahu rasanya”
    alhamdulillah motor saya akhirnya didorong sama bapak itu sampai di daerah tugu muda. terus beliau langsung cabut ke daerah terboyo… dan saya dorong lagi sekitar 100m.

  4. Nice artikel.. mungkin ada benarnya juga pepatah ” apa yang kita tanam itu yang kita tuai.. mantapp semoga semakin banyak orang yang memang benar2 baik di jakarta yang sangat keras ini😀

  5. nah ane malem-malem malah pernah ditolongin ama anak yg kelihatannya berandalan…waktu itu motor ane mogok, maklum motor tuwir 2 tak pula. eehh motor langsung dirubung ama mereka sampe nyala, tren teng teng treeeennggg, makasih ya broo

  6. orang kyk gitu 1:1000 kalo didaerah ibu kota seperti ini mah -___-

  7. Cak, tolong anterin saya nyari martabak terenak dunk:mrgreen:

  8. setuju, saya juga pernah ditolongin sama anak2 SMK pas ga sengaja nyium buntut Mio:mrgreen:

    *mereka ngebelain saya dan kasih alesan yang rasional ke pengendara Mionya soal kondisi jalan waktu itu, juga mengamankan Smash saya

  9. ane waktu dorong motor karena mogok,tiba2 ada gadis berjilbab sepertinya dari lawan arah,berhenti dan langsung nawarin untuk di belikan bensin botolan,dia bilang mas tunggu sini saja ya,selang 5 menitan(wah lama juga ya)dianya balik lagi, dengan membawa bensin plastikan,duh bersyukurnya saya,seketika saya hendak menyodorkan uang bensinnya dan sengaja saya lebihkan dan mengucapkan terimaksih,eh dianya langsung cabut begitu saja,…sampai bengong saya.
    makasih ya mba,
    burika fiika,amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: