Hadapi New MegaPro Fi, Saatnya Byson Menutupi Kekurangan

Desain Yamaha FZ-S, pengaplikasian Visor seharusnya mudah. Sumber foto: merdeka.com

Desain Yamaha FZ-S, pengaplikasian Visor seharusnya mudah bagi Yamaha. Sumber foto: merdeka.com

SociusRider – Hadirnya Honda New MegaPro Fi (NMP Fi) tentu menambah sengit persaingan kelas sport 150cc di market Indonesia, Yamaha Byson sebagai pesaing NMP Fi kini dirumorkan bakal segera keluar versi injeksinya. Selain pengaplikasian injeksi baiknya Byson baru nanti juga menutupi kekurangan dari versi yang sekarang untuk melawan NMP Fi.

Kita ketahui NMP Fi hadir menutupi beberapa kekurangan dari NMP lawas, seperti shroud yang kegedean dan footstep model kuno, sayang luput di urusan roda yang masih kecil dan tutup tangki yang masih kuno. Kalau Byson baru nanti bisa menutupi kekurangan Byson sekarang, tentunya bakal jadi modal berharga dalam menggaet calon konsumen.

Cakram belakang ini bokan soal teknis, tapi gengsi. Sumber Foto: yamahabyson153.wordrpress.com

Cakram belakang ini bukan soal teknis, tapi gengsi. Sumber Foto: yamahabyson153.wordrpress.com

Dari obrolan dengan rekan-rekan pengguna Byson, penulis mencatat beberapa kekurangan yang kiranya bisa jadi pertimbangan petinggi Yamaha Indonesia, diantaranya adalah mesin yang lemot, ketiadaan cakram belakang, dan desain yang mulai membosankan.

Untuk urusan mesin lemot, pengaplikasian injeksi dengan 02 sensor mungkin bisa sedikit mendongkrak tenaga, kalau perlu ada perubahan teknis lain guna mendongkrak tenaga, dimana insinyur-insinyur Yamaha pastinya lebih paham caranya. Urusan cakram belakang memang sedikit unik, kendati urusan pengereman Byson tidak ada masalah namun ketiadaan cakram belakang seolah bikin gengsi Byson sedikit menurun. Untuk urusan desain, sepertinya pengaplikasian visor ala Yamaha FZ-S bisa jadi opsi, visor bisa lumayan merubah tampang depan Byson dan ini mestinya mudah bagi Yamaha.

Byson merupakan pesaing rasional dari NMP Fi, karena CB150R, V-Ixion Lightning, dan Verza diposisikan secara berbeda oleh Honda dan Yamaha. Kalau Yamaha mau serius bersaing dengan Honda di segmen sport 150cc, baiknya kekurangan Byson lawas bisa diperbaiki, kalau hanya mengandalkan injeksi saja bisa jadi nantinya Byson jadi membosankan. Salam…

(Mukhammad Azdi)

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Februari 3, 2014, in News and Opinion and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Wajib RDB,injeksi,kubikasi naik menjadi 200cc,power bertambah dan ban dibikin gambot lagi setara Ninja 250fi tapi banderol tidak boleh naik lebih dari 800ribu. Dijamin penjualan Byson langsung meroket layaknya Vixion dan pabrikan sebelah pasti nyungsep.

  2. halah
    pake aja bodynya buat mesin Scorpio hehhehehe

  3. Honda mana? AHM?
    Yamaha? YMKI?

Tinggalkan komentar

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Framing Life, Capturing Souls

Aripitstop.com

otomotif news

Maskurblog

Kembali Ke Mode Gratis

BAPAKE VALKYLA'S BLOG

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Joe Trizilo

Personal Blog

learningfromlives.wordpress.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Cafebiker

Tempat nongkrongnya para biker...dan kafeinisme...