Mengenal Mangaka Lewat Bakuman

Ashirogi Muto: Mashiro Moritaka (kiri) dan Akito Takagi. (Sumber gambar: wallpapervortex.com)

Ashirogi Muto: Mashiro Moritaka (kiri) dan Akito Takagi. (Sumber gambar: wallpapervortex.com)

SociusRider – Manga, sulit rasanya mencari remaja masa kini yang tidak ngeh dengan komik lansiran negeri sakura ini. Bagi saya sendiri manga merupakan bacaan rutin sedari kecil, bahkan kini ia jadi cara terampuh melawan jenuhnya membaca tumpukan literatur ilmiah yang saya lahap dari masa sarjana hingga magister kini. Terbiasa membaca manga bukan berarti saya – dan banyak pembaca manga lainnya  – mahfum akan kreator di belakangnya, setidaknya sampai saya khatam menamatkan Bakuman.

Bakuman adalah sebuah manga karya Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba, duet artist dan author yang juga membidani lahirnya manga tersohor: Death Note. Bicara soal konten, Bakuman tak lain merupakan refleksi Obata dan Ohba dalam perjalanan karirnya sebagai mangaka, yup Bakuman adalah manga tentang mangaka. Bakuman mengisahkan manis dan getirnya perjuangan menjadi mangaka pada sosok Ashirogi Muto, nama pena dari duet Mashiro Moritaka selaku artist dan Akiro Takagi selaku author. 

Membaca Bakuman menyadarkan saya akan kekuatan sejati dari manga, aspek utama yang membuat manga kini menjelma menjadi literatur populer dengan pangsa pasar senilai miliaran dolar tiap tahunnya. Dari manga ini akhirnya saya mahfum bahwa kekuatan utama manga bukanlah gambar atau artwork semata, melainkan cerita dan ide yang ditawarkan manga itu sendiri, dan itu butuh intelejensia, wawasan, dan effort yang luar biasa dari seorang mangaka. Karakter dan keunikan cerita yang dikombinasikan dengan artwork yang khas akhirnya mampu membuat komik racikan DC dan Marvel sekalipun keteter mengimbangi popularitas manga di dunia.

Melalui Bakuman para pembaca akan dibawa kedalam dunia mangaka, dunia dimana kreatifitas berkejaran dengan deadline, tekanan akan rating, mumetnya memahami karakter pembaca, sampai rumitnya tahapan produksi dan editing manga oleh penerbit. Di balik Naruto, One Piece, Attack On Titan, Dragon Ball, Sailor Moon, sampai Crayon Sinchan ada mangaka yang tak berhenti melakukan riset alias tabayyun mengenai aspek-aspek sosial, kultural, bahkan politik dan kekuasaan sebagai bahan dasar pembentuk logika berpikir cerita manga. Belum selesai, masih ada pula riset mengenai karakteristik psikologis target pembaca manga agar kisah yang ruwed bin mumet bisa dengan mudah dipahami pembacanya, yang mana kebanyakan remaja.

Mungkin inilah yang mesti direnungken oleh komikus-komikus lokas supaya karyanya bisa semakin bernas. Keragaman kultural di negeri ini sebenarnya menawarkan ide dan gagasan yang menarik untuk dijadikan cerita. Sudah bukan saatnya lagi komik itu soal gambar semata, Attack on Titan itu artworknya jelek ampun-ampunan tapi plot ceritanya ada di level bajingan! Untuk saat ini asumsi personal saya menyatakan bahwa komik-komik lokal kita tampak masih rajin bermain di segmen komik-strip, terlepas dari artworknya yang tidak kalah dengan manga lansiran Jepang, komikus-komikus lokal mungkin perlu belajar dari para mangaka untuk soal konten cerita, termasuk tabayyun alias riset di belakang lahirnya cerita tersebut.  Semoga segera lahir komik lokal yang bisa bersaing dengan manga jepang, secara konten maupun popularitasnya, amin.

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on April 19, 2015, in Random Stuff and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: