Jazz dan Mirage Dapat Reputasi Buruk di Amerika Serikat, Bagaimana di Indonesia?

Sumber foto: Dapurpacu.com

Sumber foto: Dapurpacu.com

SociusRider – Selain nyaman dan punya fitur yang mumpuni, kendaraan yang baik adalah kendaraan yang aman untuk digunakan. Untuk urusan keamanan sendiri setiap mobil punya jurus sendiri dalam memproteksi pengendara dan penumpang di dalamnya. Sayangnya, hingga kini tidak semua kendaraan punya tingkat proteksi yang baik.

Sebagaimana dilansir oleh Dapurpacu.com, baru-baru ini sebuah lembaga bernama Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) melakukan uji tabrak 11 mobil di fasilitas mereka yang berlokasi di Amerika Serikat. Dari beragam uji tabrak yang mereka lakukan diketahui rata-rata kendaraan masih memiliki nilai yang buruk.

Hasil Uji Tabrak versi IIHS, Sumber foto: Dapurpacu.com

Hasil Uji Tabrak versi IIHS, Sumber foto: Dapurpacu.com

Yang menyita perhatian saya, di antara 11 kendaraan tersebut ada Honda Fit (di Indonesia dikenal dengan Honda Jazz) dan Mitsubishi Mirage yang memiliki nilai tergolong paling parah. Kabar mengenai buruknya tingkat proteksi Honda Fit dan Mirage patut menjadi catatan tersendiri bagi automotive enthusiast di negeri ini.

Selama ini minim sekali informasi yang di dapat oleh konsumen atau calon konsumen kendaraan roda empat di tanah air mengenai tingkat keamanan sebuah mobil. Seingat saya, Indonesia belum memiliki lembaga resmi dari pemerintah semacam NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) di Amerika Serikat yang berwenang melakukan uji kelayakan dan keamanan sebuah kendaraaan sebelum dijual bebas ke masyarakat, atau lembaga non-profit sejenis seperti IIHS.

Jika Honda Fit dan Mitsubishi Mirage untuk pasar Amerika saja punya nilai buruk soal tingkat proteksi, lantas bagaimana dengan Jazz dan Mirage di Indonesia? Padahal kita ketahui, sudah rahasia umum jika untuk tipe mobil yang sama biasanya build quality versi Indonesia lebih rendah ketimbang versi negara lain. Sebagai contoh, Daihatsu Gran Max versi Indonesia punya kerapatan antar panel body yang lebih renggang ketimbang Toyota Town Ace, Town Ace sendiri tak lain merupakan saudara kembar Gran Max yang dijual di pasar Jepang.

Dengan standar keselamatan jalan yang tinggi di Jepang, Toyota Town Ace punya panel body yang lebih rapat, Sumber Foto: kororo.wordpress.com

Dengan standar keselamatan jalan yang tinggi di Jepang, Toyota Town Ace punya panel body yang lebih rapat ketimbang Gran Max, Sumber Foto: kororo.wordpress.com

Atas dasar tersebut sudah sepatutnya pemerintah selaku pemangku kebijakan bisa menghadirkan lembaga semacam NHTSA agar masyarakat bisa mendapat informasi yang memadai terkait tingkat proteksi sebuah kendaraan. Bahkan akan lebih baik lagi jika nantinya pemerintah bisa menetapkan standar keamanan sebuah kendaraan demi keamanan pengguna kendaraan di Indonesia.

Bagi kalangan industri, rasanya tidak elok jika angka penjualan hanya menjadi fokus utama dalam mendagangkan produknya. Sudah sepatutnya konsumen setia pabrikan otomotif diberikan pilihan produk dengan tingkat proteksi yang mumpuni dan fitur-fitur keselamatan standar seperti Airbag, rem dengan Anti-lock Bracking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), serta lain sebagainya. Kurang baik rasanya jika pabrikan otomotif sekedar berlomba-lomba menghadirkan mobil murah namun minim fitur keselamatan dan punya body setipis kaleng kerupuk.

Adapun bagi calon konsumen kendaraan di Indonesia, sudah selayaknya faktor keselamatan menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah kendaraan. Harga yang kompetitif, fitur yang bejibun, dan model yang keren memang layak menjadi pertimbangan, namun apalah artinya jika keselamatan diabaikan. Salam…

(Mukhammad Azdi)

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Januari 24, 2014, in Random Stuff and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Iyo cak, nang kene ora ono lembaga semacam NHTSA. Eh iya, mobil sejuta umat yg di ekspor punya ketebalan bodi lebih tebal ketimbang yg dijual disini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: