Tunduk Oleh Akal, Pasrah Kepada si Ompong

Tak lama setelah sampai di rumah Juni 2013 silam

Tak lama setelah sampai di rumah Juni 2013 silam

SociusRider – Banyak alasan seseorang memilih menggunakan sepeda motor, mulai dari sekedar alat transportasi sampai kebutuhan untuk nampang. Khusus untuk diri saya sendiri, saya sempat berpandangan bahwa sekalipun digunakan untuk mobilitas rutin namun kuda besi haruslah bisa untuk nampang.

Karena pandangan yang dipengaruhi ego tersebut semenjak tahun 2006 saya berjibaku menyusuri jalanan Ibu Kota dan sekitarnya bersama Yamaha Scorpio Z. Kencang dan gagah jadi alasan saya memboyong Scorpio Z ke garasi rumah 2006 silam, maklum saat itu saingan Scorpio hanyalah Honda Tiger yang kebetulan gak pas dengan selera saya.

Tahun berganti, ego saya terhadap kuda besi mendapat perlawanan sengit dari kondi lalulintas Jakarta dan sekitarnya yang semakin pelik. Macet yang kian mewabah sampai harga bahan bakar yang kian meroket mulai mengusik ego untuk tetap berkendara dengan motor sport. Maklum, di mata saya kuda besi sejati ya motor “batangan”, tak ada maksud mengecilkan bebek dan skutik, ini hanya soal selera saja.

Dan akhirnya tahun 2013 lalu sang ego pun tunduk oleh akal, sang akal dengan logika rasionalnya menggiring saya kepada kuda besi ompong tanpa gigi alias skuter matik sebagai kendaraan baru menyusuri jalan, adapun pilihan jatuh kepada Honda Vario 125. Memang harus diakui, dengan skutik lansiran “sayap mengepak” ini mobilitas saya akhirnya jadi lebih nyaman, konsumsi bahan bakar pun jauh lebih irit sehingga saya tak ragu menggunakan BBM non-subsidi.

Memang berat meredam ego, namun terkadang kita harus rasional dalam melihat sesuatu. Dengan menggunakan skutik, kini saya tidak terlalu lelah setelah berkendara sehingga punya investasi energi untuk aktifitas lainnya, pengeluaran harian saya pun bisa berkurang lumayan lantaran konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Meski akal mengarahkan saya pada jok lebar Vario 125, namun bukan berarti ego luruh sepenuhnya. Di akhir pekan saya masih mengendarai Scorpio sekedar untuk memuaskan dahaga kenikmatan berkendara ala motor batangan, dan tentunya untuk urusan berkendara jarak jauh giliran motor sport yang lebih rasional ketimbang skutik.

Lantas, mengapa saya memilih Vario 125 ketimbang skutik lain yang beredar di pasaran? Ulasan lengkapnya akan disajikan di artikel berikutnya. Salam…

(Mukhammad Azdi)

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Januari 20, 2014, in Motorcycle Stuff and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. wahh…asik nih angkut Vario125 #eh #eeeaaa

  2. ditunggu artikel selanjutnya… buruan yak, jgn lama2:mrgreen:

  3. alkisah sore hari duit sudah terkumpul untuk beli spacy plus sisa beberapa rupiah untuk gambotin ban. dalam angan sudah terbayang besok pagi hunting matic sekalian mampir ke bengkel untuk srvis dan ganti ban gambot… Lah kok ndilalah besok paginya hujan deres dan banjir dimana-mana. matic dan bebek mogok jadi pemandangan umum di perumahan saya. yo wes ga jadi ganti matic. Tiger diremajakan lagi dah….🙂 dalam seminggu ini hampir tiap hari melibas banjir. paling parah setinggi karet kick stater (dibawahnya dikit). ga kebayang kalau bawa matic atau bebek ….

    Semoga ga kena banjir saja bro

Tinggalkan Balasan

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

