Pengendara di Indonesia Paling Demen Tusbol! Bagaimana dan Kenapa?

Sumber gambar: (Klik)

Sumber gambar: (Klik)

Menarik membaca tulisan eyang Edo Rusyanto mengenai fenomena “tusbol” di jalan raya, tusbol yang dimaksud disini adalah fenomena tabrakan depan-belakang yang punya kontribusi besar dalam kecelakaan di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sebagai ilustrasi maksud tusbol alias tabrakan depan belakang ini adalah ketika brutu alias bokong bin fantat dari kendaraan di depan bertabrakan dengan moncong kendaraan di belakangnya.

Fakta memperlihatkan bahwa sepanjang Januari-Agustus 2013, di Jakarta dan sekitarnya tiap hari terjadi empat kasus tabrak depan belakang. Kasus tabrak depan belakang merupakan jenis kecelakaan terbanyak di antara jenis-jenis yang lainnya. Pada rentang delapan bulan, kontribusi tabrak depan belakang sebesar 20,71%. (Edo Rusyanto)

Tanpa menafikan bentuk-bentuk kecelakaan lainnya, fakta bahwa tabrakan tusbol punya sumbangsih tertinggi dalam dinamika lakalantas di Jakarta dan sekitarnya tentu menarik. Fenomena tabrakan tusbol menurut asumsi saya menunjukkan karakteristik pengendara di Indonesia.

Karakteristik tersebut diantaranya adalah minimnya minimnya konsentrasi (seperti disinggung oleh eyang Edo), sikap egois dalam berkendara, dan kurangnya pemahaman pengendara terhadap kendaraannya sendiri. Konsentrasi yang minim bisa disebabkan oleh ngantuk, capek, atau bahkan ngelamun yang bisa berujung pada kacaunya kontrol pengemudi terhadap kendaraanya.

Sikap egois berkendara yang bisa bikin tabrakan tusbol tak lain dipengaruhi oleh perilaku tailgating yang sudah membudaya di jalanan Indonesia. Tailgating atau yang akrab di kuping orang Indonesia sebagai “ngebuntutin” adalah  tindakan mengikuti kendaraan di depan dengan jarak terlalu dekat.

Tailgating sudah jamak dilakukan di lintasan balap, namun ketika diterapkan di jalan raya maka siap-siap saja bahaya yang bakal mengintai. Di jalan raya jaga jarak yang aman sudah jelas mutlak hukumnya, sayangnya masih sering kita temui pengendara yang hoby mepet kendaraan di depannya. Jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan di depan bisa berujung pada respon yang telat ketika kendaraan didepan melakukan pengereman mendadak atau lainnya.

Kurangnya pemahaman terhadap kendaraan sendiri juga punya potensi menyebabkan tabrakan tusbol. Setiap kendaraan tentu punya karakteristik yang berbeda, baik itu soal akselerasi maupun pengereman. Sebagai contoh, mengerem dengan mobil dengan cakram di keempat roda dengan mobil yang hanya pakai cakram di depan tentu perlu perlakuan beda.

Dari pengalaman saya, sering terjadi ketika seseorang berganti kendaraan (mungkin sopir carteran:mrgreen: ) cara memperlakulan kendaraannya masih sama dengan mobil sebelumnya. With great power comes great responsibility, jika kebetulan punya kendaraan bertenaga badak ya jangan berkendara seruntulan kaya angkot, sehebat apapun teknologi ABS, EBD, Traction Control, dan sebagainya akan percuma jika tidak diimbangi dengan perilaku berkendara yang bijak. (mukhammad azdi)

Kalo yang ini tusbol kah? no komen:mrgreen: #ngumpetdarieyang

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Oktober 13, 2013, in Road Safety Stuff and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Keasikan maen hp juga bisa biqin tusbol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: