Kembali Ke Khittah SociusRider

167674_195240203822210_7137349_n

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk semua, Alhamdulillah setelah sekian lama lumutan dan terbengkalai akhirnya ada sejenak waktu dan gairah untuk kembali menulis di blog sederhana dan butut ini sodara-sodara:mrgreen: . Lantas apa maksud dari judul diatas? Apakah SociusRider mau ikut-ikutan seperti Nahdlatul Ulama (NU) yang kembali ke khittah mereka pada tahun 1926 setelah sempat menjadi organisasi politik? Ya kurang lebih ada mirip-miripnya lhaūüėÄ.

Kalau dilihat secara etimologis (asal kata), khittah berasal dari akar kata khaththa, yang bermakna menulis dan merencanakan. Kata khiththah kemudian bermakna garis dan thariqah (jalan). Kata khittah ini cukup populer dikalangan Nahdiyin pasca muktamar NU ke 27 di Situbondo pada tahun 1984, lewat muktamar tersebut NU yang sempat terjun ke ranah politik praktis dengan menjadi partai politik pada tahun 1952 memutuskan untuk kembali ke khittahnya. Saat NU terjun ke ranah politik praktis banyak kritik meluncur ke elit politik NU yang dianggap tidak banyak mengurus ummat.  Muktamar 27 Situbondo pada akhirnya memutuskan bahwa NU harus kembali ke Khittahnya atau asalnya atau jalannya atau pondasi awalnya sebagaimana pada saat NU berdiri di tahun 1926. Selanjutnya NU kemudian berubah kembali menjadi organisasi sosial keagamaan sebagaimana gagasan awal NU berdiri agar lebih dekat dengan ummat, urusan politik ya terserah ummat saja mau pilih yang mana:mrgreen:.

Lantas apa hubungannya dengan blog SociusRider ini? bukaaaan, bukaaan!! SociusRider bukan mau jadi blog yang isinya soal NU, sekali lagi bukan:mrgreen: . Ini sekedar hasil dari kontemplasi sederhana dari otak pemilik blog ini yang mulai mengkeret, sama seperti NU yang hanyut dalam ranah politik praktis nampaknya blog ini sekian lama juga mulai hanyut dalam tema-tema mainstream di jagat blogoshpere otomotif, seolah lupa dengan khittahnya atau gagasan awal saat pertama kali blog ini dibuat.

Pada saat pertama kali niat untuk ngeblog di wordpress saat itu saya memasuki masa akhir studi saya di jurusan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta, saat itu saya berinisiatif untuk membuat blog yang isinya adalah relevansi dan korelasi antara kajian Sosiologi dengan dunia otomotif roda dua. Dunia bikers adalah dunia yang kaya dan begitu majemuk dengan beragam fenomena dan persoalan yang memiliki keunikan tersendiri, sampai disini saya melihat bahwa ada celah untuk berbagi mengenai kajian Sosiologi yang saya dapat di kampus dengan mengambil tema otomotif roda dua, maka lahirlah SociusRider.wordpress.com.

SociusRider.wordpress.com ini awalnya saya harap bisa menjadi jembatan antara ranah intelektual (Sosiologi) yang saya dapat di kampus dengan ranah hobby (momotoran) saya, berbeda dengan blog saya yang satu lagi (azdidahlan.wordpress.com) yang isinya jauh lebih njelimet dan absurd bagi sebagian orang:mrgreen:. . Namun seiring dengan waktu berjalan pada akhirnya blog ini seperti mengalami stagnasi, dimana jarang sekali saya menyisipkan kajian Sosiologis dalam tulisan-tulisan saya (boro-boro nulis sosiologi, sekedar nulis aja jarang :mrgreen) . Akhirnya apa yang ada di blog ini tidaklah merepresentasikan nama dari SociusRider itu sendiri, tidak seperti Khittahnya.

Saat ini, setelah saya lulus dari almamater dengan gelar sarjana (akhirnya lulus juga :mrgreen:) dan saya punya ranah baru untuk menuangkan ide-ide terkait dengan dunia otomotif (gak ada embel-embel sosiologinya:mrgreen: ) maka saya dengan mengucap Bismillah berupaya mengembalikan SociusRider kepada khittahnya, sebagai blog yang isinya adalah kajian-kajian sosiologi Sederhana dengan mengambil tema seputar bikers dan dunia otomotif roda dua. Kuncen SociusRider bukanlah pakar Sosiologi kelas kakap seperti Soerjono Soekanto, Soelaman Sumardi, apalagi George Ritzer, kuncen blog ini hanyalah seorang lulusan S1 Pendidikan Sosiologi dari kampus eks-IKIP di Rawamangun yang mencoba berbagi mengenai gagasan dan ide dari otaknya yang makin lama makin mengkeret, mumpung belum habis otaknya:mrgreen: . Jadi jangan berharap ada kajian2 sosiologi yang berat dan njelimet di blog ini, insya Allah saya hanya sekedar ingin berbagi mengenai apa yang saya tau dan apa yang saya pikir mengenai disiplin ilmu Sosiologi dengan sederhana. Mohon doanya biar semangat nulis:mrgreen: .

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on April 12, 2013, in Social Stuff and tagged , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. ini udah njlimet, langsung aja eksekusi cuk

  2. jiahhh.. selamat dah jadi sarjana..

  3. cuk endi artikel anyare?

  4. lanjutkan gan,, itulah gunanya ada blog,, hehe,, semangat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: