Parade Panjang Bus Karyawan, Jalanan Macet Tak Terhindarkan

Denah Jalan Moh. Toha

Berhubung ibunda tercinta sedang sakit dan tidak sempat memasak maka hari rabu kemarin ane meluncur dari rumah di Neglasari menuju tukang sate langganan di Jalan Moh. Toha, Tangerang. Jarak dari rumah ke tempat sate langganan memang cukup jauh, tapi berhubung sudah cocok di lidah ya tetap saja diburu:mrgreen:. Namun kali ini ane ga bakal bahas soal sate sodarah-sodarah, ane ingin berbagi tentang apa yang ane alami di jalanan menuju lokasi si abang sate berada. Jalan Moh. Toha tempat si abang sate jualan memiliki panjang sekitar 2,7 km (via gugel maps) dengan dua jalur yang masing-masing hanya satu lajur. Di sepanjang jalan Moh. Toha ini berdiri banyak sekali pabrik, dan yang paling besar dan terkenal disitu adalah PT. Panarub. Sialnya hari itu ane memilih waktu yang salah untuk melintas di Jalan Moh. Toha, yakni pukul empat sore bersamaan dengan waktu bubar karyawan, dan akhirnya perjalanan menuju tukang sate pun jadi cukup runyam.

Situasi Jalan Moh. Toha dari tempat abang sate, sudah dekat ke arah Jalan prabu kiansantang, arus lalin mulai lengang, segini lengang lhooo!

Macet sih sudah pasti, namun penyebab dan lamanya waktu macet ini yang menurut ane sudah keterlaluan. Bayangkan saja, masa butuh waktu sampai 40 menit lebih untuk melintasi jalan sepanjang 2,7 km? non sense!! Ketika motor semakin mendekat ke arah PT. Panarub ternyata sedang ada parade belasan Bus karyawan yang keluar dr pabrik secara berurutan nyaris tanpa putus! Berdasarkan penuturan abang sate yang ane ajak ngobrol, katanya bisa sampai puluhan Bus karyawan yang keluar secara beruntun dengan total Bus yang bisa mencapai 100 unit setiap bubaran karyawan, ealaaahhhh.

sekitar 200 meter sebelum parade bus, lalin stuck total selama 15 menit. Bahkan Jupiter MX ane ga sanggup nyelip. Banyak pengendara yang matiin mesin, sampe sempet buat foto kemacetan. Jangan ketawa liat fuelmeternya yak:mrgreen:

Menurut ane apa yang dilakukan oleh pabrik adalah hal yang tidak terpuji! Harusnya mereka bisa mengatur jadwal shift ataupun jadwal keberangkatan bus dengan lebih apik, termasuk memberikan jeda beberapa saat agar situasi lalulintas disekitar bisa tetap berjalan lancar. Bayangkan saja di jalan yang kecil ada rombongan bus berbondong-bondong keluar dari pabrik secara beruntun, apa gak bikin macet parah? Belum lagi disekitar Jalan Moh. Toha juga ada pasar yang bikin situasi lalin jadi makin runyam. Tampaknya pemerintah daerah harus turut memperhatikan pengaruh keberadaan pabrik terhadap situasi lalin di sekitarnya, penetapan jadwal shift karyawan di waktu yang tepat adalah satu kebijakan yang patut untuk diterapkan menurut saya.

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on September 20, 2012, in Social Stuff and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. kalo protes sih gampang , coba solusinya
    ganti jam shift, maka jam keramaianpun akan bergeser
    pindah pabrik, pindah juga lokasi keramaian, maklum ada gula ada semut
    kegiatan ekonomi sekeliling pabrik sangat tergantung pada aktifitas pabrik
    ada pabrik yg tidak menyediakan transportasi karyawan maka keramaian angkotpun sama ruwetnya

  2. Fokuskan pembangunan pada perpindahan manusia bukan perpindahaan kendaraan..

  3. 3 bis jalan mungkin cukup selang 5 menit baru jalan bis berikutnya dst… barangkali sedikit mereduksi keruwetan atau lampu lalin pasang depan Panarub… untung kesitu pas malem jd sepi bisa ngebut pakai CBR waktu itu🙂

  4. masih mending itu pake 100 bus, apa jadinya kalo karyawan suruh bawa motor sendiri,
    bayangkan 100bus@50 orang=5000 karyawan, kalo suruh bawa motor = 5000motor apa gak tambah runyam tuh…
    memang sih sebaiknya kasih jeda per 10 atau berapalah bus biar gak macet.

  5. trus kondisi lalin kaya gitu masih mau beli motor bertop speed tingi??? apa gak malu kalo disalip motor bertorsi besar, paling parah kalo disalip sepeda engkol atau pejalan kaki..
    #realita

  6. macet oh macet .. semacet apapun pasti akan terurai🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: