Motor Aing Kumaha Aing??? Sumpe loh?

Motor Aing kumaha Aing? Rasanya kata-kata tersebut sudah familiar di telinga kita. Yup, kata yang berasal dari bahasa sunda tersebut artinya adalah motor gue ya gimana gue! Sebuah kalimat yang seringkali digunakan oleh sebagian orang sebagai pembenaran atas perilaku mereka di jalan raya.

Kalimat “Motor aing kumaha aing” umumnya didasari oleh anggapan bahwa adalah hak bagi setiap pemilik motor dalam memperlakukan motornya sesuka hatinya. Argumentasi tersebut ada benarnya juga sih, lho kok benar???? Yaiyalah namanya barang milik sendiri ya terserah mau diapain juga, xixixixi:mrgreen:. Eitttsssssss tapi nanti dulu….. Memang betul adalah hak kita untuk memperlakukan barang milik kita sesuka hati kita, tapi situasi di jalan raya bisa berbeda lho bung!

Kita mulai dari penjelasan soal kata “hak” dulu yaa… Jadi, adalah hak kita untuk melakukan suatu tindakan dalam ranah pribadi, namun dalam relasi dengan sesama manusia maka bukan pula hak kita untuk mengganggu hak orang lain. Misal begini, berkendara secara ugal-ugalan dan serabutan bukanlah hak kita di jalan raya, karena itu juga akan melanggar hak mayoritas pengguna jalan lain, apa itu? Yakni hak untuk merasa aman dan nyaman di jalan.

Selain dibatasi oleh hak pengguna jalan lain, hak dan perilaku kita di jalan juga dibatasi oleh peraturan, dalam hal ini adalah UU no 22 tahun 2009. Dengan kata lain, tidak ada hak yang sesungguhnya bersifat absolut di jalan raya, karena ada hak pengguna jalan lain dan aturan yg merupakan kesepakatan bersama dan telah disahkan oleh negara demi kenyamanan berkendara semua pengguna jalan. Yah lain soal kalo bicara hak asasi yg tidak berkaitan dengan situasi berkendara, seperti hak untuk hidup, makan, napas, dan mungkin hak untuk ngupil:mrgreen:.

Jadi balik lagi ke tagline “motor aing kumaha aing” silahkan anda perlakukan motor anda sesuka hati selama tidak melanggar aturan dan hak pengguna jalan lain. Silahkan saja ga pake spion, ga pake lampu, dan pakai ban cacing tapi motornya jangan dibawa ke jalan raya, cukup jadi pajangan aja dirumah, kalo perlu dipaku ke dinding kamar, ga melanggar aturan dan hak orang lain toh?:mrgreen:

Salam uhuy (~‾▿‾)~

محمد أزدي دحلان
@AzdiDahlan
SociusRider.wordpress.com
AzdiDahlan.wordpress.com

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Juli 13, 2012, in Social Stuff and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. sip ajib,..motor aing kumaha aing yang penting tetep bisa jaga etika (kalo bisa)😀..
    ajib uhuy😀

  2. like this…
    btw gmn kabar karbu nya bro??udah beres kah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: