Kala Ruang Publik Semakin Minim, Anak-anak pun Kehilangan Tempat Bermain

Ngintip bocah-bocah lagi maeennn

Jumat sore ini sama saja dengan hari-hari sebelumnya, rutinitas tidur siang ane lagi-lagi terusik oleh suara cekikikan anak-anak kecil di depan kamar kost ane. Yah, suara gaduh khas anak-anak itu laksana “alarm” yang selalu sukses membangunkan ane setiap tidur siang, yah bagus juga sih… daripada tidur siang ane kebablasan terus sampe magrib:mrgreen:. Hampir setiap sore (kadang siang dan pagi hari juga) ruang kosong berukuran 4 x 8 meter di depan kamar kost ane memang selalu jadi arena bermain bagi anak-anak yang tinggal di sekitar rumah kost ane di Rawamangun. Apakah mengganggu? kalo boleh jujur sih tentu saja mengganggu, berisiknya minta ampun masbro:mrgreen:. Namun meskipun berisik dan mengganggu, tidak tega rasanya untuk mengusir mereka. Jadi ya ane biarkan saja mereka bermain, paling ane cuma sesekali mengingatkan mereka untuk hati-hati, supaya gak nyenggol FZ-226 tercintah yang nangkring di depan kamar:mrgreen:.

Melihat dan mendengar riuh tawa ceria anak-anak yang saban hari bermain di depan kamar kost ane bikin ane merasa beruntung sekaligus miris. Ane merasa beruntung karena masa kecil ane di Tangerang dan Cirebon menyediakan sekian banyak tanah kosong maupun ruang publik lainnya sebagai tempat bermain, adapun miris karena anak-anak yang sedang bermain di depan kamar kost ane saat tulisan ini dibuat tidak mendapatkan apa yang ane rasakan dulu😦. Sama halnya dengan di banyak kawasan padat penduduk lainnya di Jakarta, ruang publik berupa lahan kosong seolah menjadi barang mewah. Selain di depan kamar kost ane, anak-anak biasa ane temukan sekedar wara-wiri di gang-gang sempit saja. Bagaimanapun areal sebesar 4 x 8 meter adalah lahan yang jauh dari cukup sebagai ruang publik bagi anak-anak. Padahal keberadaan ruang publik bagi anak-anak sangatlah penting, mengingat keberadaan ruang publik saat bermain berperan besar dalam membentuk kecerdasan motorik anak. Jadi ya jangan heran kalo anak-anak sekarang lebih sering nyangkut di warnet buat main game online, lah ruang publiknya saja minim oomm….

Biasanya lebih banyak dari ini yang main, ati2 ye cuy… itu motor yang item jangan dibikin lecet:mrgreen:

Yup, inilah realitas yang mau tidak mau harus dihadapi dalam riuh rendah dinamika Ibukota. Di ulang tahunnya yang termutakhir ini kebutuhan warga untuk sekedar ruang publik saja sulit terpenuhi, sementara dilain sisi sekian banyak investor properti terus menggerus areal yang sebelumnya milik warga untuk kemudian disulap menjadi tambang uang milik mereka. Ditengah gegap gempita ibukota ini yang menjadikan gedung-gedung pencakar langit dan kawasan hunian elite sebagai etalase utamanya, terselip kebobrokan dari gagalnya pemerataan pelayanan publik yang muncul dari kawasan-kawasan kumuh dipinggiran yang bahkan sekedar ruang publik pun nyaris tidak ada. Selamat Ulang Tahun Jakarta…

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Juni 22, 2012, in Social Stuff and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. kasihan anak2 kita…😦

  2. jadi inget waktu kecil…..
    pilkam aahhh

  3. nice artikel bro, pernah sekali waktu saya berjanji semoga jgn pernah sempet merasakan tinggal di jakarta. ya salah satunya sprti artikel anda ini, kasian anak2 saya kelak ga bisa ngerasain masa kecil kyk bapaknya yg bebas maen bola di lapangan, layangan dll😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: