Injeksi, Antara Mitos dan Fakta

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir rasanya semakin banyak sepeda motor yang muncul dengan fitur Injeksi. Keberadaan injeksi sendiri muncul sebagai pengganti dari sistem pengabut bahan bakar konvensional, yakni karburator. Meskipun belum mampu menggusur eksistensi karburatir, namun saat ini fitur Injeksi sudah diterapkan di setiap tipe sepeda motor, baik matik, mbebek, maupun sport. Bicara soal injeksi sendiri rasanya sudah umum kalo sebagian besar orang masih rada “parno” dengan yang namanya Injeksi. Pemahaman yang minim akan injeksi bikin sebagian orang memilih motor non-Injeksi, karena dianggap rumit lah, mahal lah, susah dibenerin lah. Pertanyaannya adalah, apakah benar sistem Injeksi seperti itu?

Pake Baju Mekanik malah jadi kaya Bang Bros, Eh Mario Bros!:mrgreen:

Jumat lalu kebetulan ane berkesempatan datang di Workshop Yamaha terkait sistem injeksi YMJET-FI beserta sistem perawatannya. Dan ternyata sistem Injeksi tidak serumit yang dikira orang kebanyakan, faktanya teknologi yang diterapkan memang rumit namun teknologi tersebut justru mempermudah kita dalam merawat mesin Injeksi. Dalam workshop tersebut diuraikan bagaimana cara mendiagnosa sistem Injeksi bermodal notebook, tentunya lebih presisi ketimbang pake feeling kan?:mrgreen:. Soal detailnya mungkin bisa dilihat di blognya Cak Mitra:mrgreen:.

Seiring dengan kemudahan perawatan sistem Injeksi dan tuntutan akan emisi gas buang kendaraan yang lebih baik. Maka sudah sepatutnya jika kelak sistem Injeksi bisa diterapkan di setiap kendaraan. Teknologi sudah ada, peminat pun semakin banyak, lantas tunggu apalagi? Ane sendiri sebagai pemilik motor karburator berharap kelak ada sistem injeksi baik aftermarket maupun OEM yang bisa diaplikasikan ke motor karburator berkapasitas 250cc kebawah di Indonesia, asik toh….? biar yang budgetnya cekak ga perlu beli mongtor injeksi baru:mrgreen:

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Juni 4, 2012, in Motorcycle Stuff, News and Opinion and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: