Launching Buku Terbaru Wamenhub Bambang Susantono “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah”

Newseum Cafe, tempat berlangsungnya launching

Hari senin tadi saya dan rekan sekaligus senior saya Edo Rusyanto berkesempatan hadir dalam launching buku terbaru yang ditulis oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Dalam acara tersebut saya datang mewakili Road Safety Association selaku NGO yang bergerak dalam bidang keselamatan jalan. Buku terbaru yang ditulis oleh Bambang Susantono ini berjudul “Manajemen Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah”, buku ini diciptakan untuk kalangan akademisi selaku bahan ajar dalam kajian Infrastruktur maupun yang terkait dengannya. Dalam sambutannya Bambang Susantono menyatakan bahwa pembangunan infrastrukur memiliki korelasi yang tinggi dengan tingkat pengembangan ekonomi di suatu wilayah. Kondisi infrastruktur memiliki pengaruh besar terhadap kondisi masyarakat di suatu wilayah, terkait hal ini Bambang Susantono berujar  “Pembangunan yang tidak terarah dapat berujung kepada problematika sosial, politik, maupun budaya”. Dalam acara launching tersebut turut hadir Dr.Ir.Luky Eko Wuryanto, MSc dan Prof. Suahasil Nazara S.E., M.Sc, Ph.D. selaku kalangan akademisi dalam bidang infrastruktur dan ekonomi. Dalam kesempatan tersebut Luky Eko menyatakan bahwa dalam kaitannya dengan infrastruktur, merupakan hal yang teramat penting bagi pemerintah guna menciptakan policy atau kebijakan yang dapat mendukung terlaksananya pembangunan.

Sambutan dari Bambang Susantono selaku penulis

Berbicara terkait infrastruktur, pada dasarnya sektor transportasi memiliki peran yang teramat vital, terkait dengan hal tersebut Prof. Suahasil Nazar menyatakan bahwa kunci dari pengembangan infrastruktur pada dasarnya terdapat pada sektor perhubungan. Adapun dalam kaitannya dengan konten buku, Prof. Suahasil Nazar menekankan pentingnya implementasi dari kajian-kajian yang terkait dengan infrastruktur dan pembangunan, Prof. Suahasil Nazar berujar “Selama ini lingkungan akademisi masih berkutat pada kajian teoritis, kami selaku konsultan mau bikin apa aja bisa. Namun lain soal bicara soal realisasi, karena ini terkait dengan leadership di tangan para pengambil kebijakan”. Sebuah pernyataan bernas dari Prof. Suahasil Nazar yang menunjukkan betapa lemahnya para pengambil kebijakan dalam mendorong pembangunan untuk masyarakat.

Dalam sesi tanya jawab muncul sebuah pernyataan yang menarik dari salah seorang jurnalis, ia berujar “Kita gak usah bicara muluk-muluk soal pengembangan infrastruktur yang tinggi-tinggi, selama ini kita bikin jalan raya aja gak pernah bener”. Sebuah  pernyataan yang menurut saya cukup merepresentasikan pandangan masyarakat luas dimana kita masih terlalu sering berkutat dengan kajian teoritis dan akademis yang rumit namun masih sangat lemah dalam hal implementasi nyata dalam membangun infrastruktur yang berdaya guna bagi masyarakat. Apalagi jalan raya selaku infrastruktur vital bagi akses perputaran roda ekonomi sampai saat ini saja masih belum bisa dikatakan aman dan nyaman bagi para penggunanya. Dalam sesi tanya jawab ini Edo Rusyanto turut mempertanyakan kredibilitas pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, terkait dengan sektor perhubungan dan transportasi Edo Rusyanto melihat adanya ego sektoral dalam diri pihak-pihak yang berwenang yang pada akhirnya menghambat laju pembangunan infrastruktur dimana jalan raya termasuk didalamnya. Terkait jalan raya, Edo Rusyanto berujar bahwa pembangunan infrastruktur jalan yang sampai saat ini masih jauh dari layak bukan hanya dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi, namun juga menciptakan potensi bahaya bagi para pengguna jalan itu sendiri. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya keselamatan jalan juga memiliki keterkaitan dengan aspek ekonomi dalam masyarakat, kecelakaan yang terjadi akibat infrastruktur jalan yang buruk dapat memicu pemiskinan secara ekonomi di kalangan keluarga korban kecelakaan, mengingat banyak diantara para pengguna jalan adalah mereka yang berperan sebagai kepala keluarga.

Eyang Edo in Action:mrgreen:

Buku yang ditulis oleh Bambang Susantono ini dapat saya katakan sebagai sebuah buku yang mumpuni dan perlu dibaca oleh kalangan akademisi maupun mereka yang tertarik dengan kajian pengembangan infrastruktur. Namun saya melihat bahwa apa yang penting dan harus segera dilakukan saat ini adalah implementasi nyata pemerintah dalam pengembangan infrastruktur itu sendiri. Dalam sambutannya Bambang Susantono berujar bahwa buku ini diciptakan guna merangsang tumbuhnya ide dan gagasan terkait penciptaan desain infrastruktur yang implementabel bagi para pembacanya. Dalam hal ini sudah sepatutnya bukan hanya pembaca, namun Bambang Susantono selaku penulis sekaligus Wakil Menteri Perhubungan yang teramat dekat dengan para pengambil kebijakan juga dapat segera mengimplementasikan pembangunan infrastruktur yang berdaya guna tinggi bagi masyarakat, semoga…

(Mukhammad Azdi)

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Maret 12, 2012, in Road Safety Stuff, Social Stuff and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Kirain cafebiker eh ternyata newsum cafe😉

    • When some one searches for his necessary thing, so heshe desires to be available that in detail, thus that thing is maintained over here. ffabkecckcbk

  2. hehe..ini pak wamenhub kebanyakan teori saja…aksinya susah…
    harusnya dia yg lebih kompeten jadi menteri..bukan si Ee mangindan itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: