Road Safety Goes to Kindergarten, Edukasi Keselamatan Jalan Untuk Usia Dini oleh RSA

RSA bersama para guru dan murid TK Al-Ikhsan

Seiring dengan semakin meningkatnya angka kecelakaan di jalan raya maka RSA sebagai sebuah lembaga swadaya masyarakat yang concern akan isu keselamatan jalan mencoba menanamkan makna penting keselamatan jalan terhadap anak usia dini. Sebelumnya RSA aktif dalam melakukan diskusi terkait keselamatan jalan di beragam kelompok masyarakat, mulai dari kalangan pelajar/mahasiswa, klub/komunitas sepeda motor dan mobil, sampai dengan kelompok keagamaan. Kali ini RSA dengan tema Road Safety Goes to Kindergarten menyasar anak usia dini sebagai target dalam menanamkan makna penting dari keselamatan jalan.

Edukasi atau penanaman nilai terhadap anak usia dini memiliki pengaruh yang besar dalam tumbuh kembang anak, dalam rentang usia tersebut nilai yang tertanam dalam diri anak akan menjadi landasan bagi pembentukan sudut pandang mereka dan memiliki pengaruh besar dalam menentukan perilaku mereka kelak. Oleh karenanya RSA melihat bahwa edukasi keselamatan jalan untuk usia dini menjadi satu hal yang teramat penting. Dengan adanya edukasi keselamatan jalan terhadap anak usia dini diharapkan anak sebagai generasi penerus kita nanti dapat tumbuh sebagai pribadi yang sadar akan makna penting keselamatan jalan. Rio selaku ketua RSA berujar “Anak-anak adalah generasi penerus kita nanti. Ketika penanaman keselamatan jalan di generasi kita masih mengalami resistensi, maka anak-anak harus ditanamkan makna penting keselamatan jalan sejak usia dini. Dengan begitu semoga kelak mereka dapat menjadi sosok yang peduli akan keselamatan jalan”.

Road Safety Goes to Kindergarten dilaksanakan pada Sabtu pagi 11/02/2012, di TK Al-Ikhsan, Jariwaringin, Jakarta Timur dengan jumlah peserta sebanyak 21 murid yang dibagi kedalam tiga kelompok . Pelaksanaan Road Safety Goes to Kindergarten ini turut pula dihadiri oleh para relawan RSA dan rekan-rekan media massa, baik media televisi maupun cetak. Acara yang berlangsung selama dua jam tersebut diisi dengan materi  berupa pentingnya penggunaan helm yang baik dan benar saat berkendara sepeda motor dan bagaimana cara menyeberang jalan yang aman. Dalam kegiatan penyampaian materi tersebut, ditemukan sebuah fakta menarik bahwa ternyata banyak anak yang masih belum memahami apa itu zebra cross dan bagaimana cara menggunakan helm. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi tentang aspek keselamatan jalan untuk anak memang masih cukup minim. Dalam upaya menanamkan makna penting keselamatan jalan, penyampaian materi dilakukan dengan kombinasi peragaan, tarian, dan nyanyian, dengan harapan agar transfer materi dapat berlangsung secara menyenangkan di mata anak-anak. Ketika sebuah kegiatan dilakukan secara menyenangkan maka diharapkan anak dapat merespon dengan baik materi yang berusaha disampaikan dan dapat terekam dalam memori mereka.

RSA bersama para relawan dan rekan-rekan media

Road Safety Goes to Kindergarten dimulai dengan materi terkait penggunaan helm yang baik dan benar. Materi tersebut disampaikan langsung oleh ketua RSA Rio Octaviano yang dibantu oleh saudari Imel. Dalam penyampaian materi tersebut Rio dan Imel memperagakan cara menggunakan helm yang baik dan benar dengan diiringi nyanyian dan tarian. Selanjutnya murid-murid TK Al-Ikhsan menirukan tarian dan nyanyian tersebut bersama-sama dengan menggunakan helm khusus anak yang telah disediakan oleh RSA. Suasana tawa dan riang murid-murid TK Al-Ikhsan tak elak mengiringi penyampaian materi tersebut. Berikut adalah lirik nyanyian yang digunakan oleh Rio dan Imel dalam materi penggunaan helm yang baik dan benar:

Kalau ku pakai helm sampai bunyi, KLIK
Kalau ku pakai helm sampai bunyi, KLIK
Kalau ku naik motor, selalu pakai helm
Kalau ku pakai helm sampai bunyi. KLIK

Setelah materi terkait penggunaan helm, Road Safety Goes to Kindergarten dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait cara menyebrang jalan yang benar. Sama halnya dengan materi tentang penggunaan helm, materi kali ini juga dimulai dengan nyanyian dan gerakan. Berikut adalah lirik nyanyian yang digunakan oleh Rio dan Imel dalam materi menyeberang jalan yang aman:

Kalau ku nyebrang jalan, tengak tengok
Kalau ku nyebrang jalan, tengak tengok
Kalau ku nyebrang jalan, lihat kiri dan kanan
Kalau ku nyebrang jalan, tengak tengok

Materi menyeberang jalan ini juga didukung dengan perangkat berupa zebra cross artifisial. Begitu nyanyian usai, selanjutnya anak diajarkan untuk memperagakan cara menyeberang jalan yang aman, diantaranya adalah pentingnya untuk menengok kiri dan kanan sebelum menyebrang jalan yang sesuai dengan lirik nyanyian yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam materi ini Rio dan Imel dibantu oleh Azdi yang berperan sebagai seorang pengendara sepeda motor. Dalam memperagakan cara menyeberang jalan yang aman tersebut, sang anak diarahkan untuk menengok kiri dan kanan sebelum menyeberang dan ketika melihat Azdi yang berperan sebagai pengendara sepeda motor telah berhenti, maka anak dapat menyeberang jalan dengan aman di zebra cross artifisial yang disediakan. Sama halnya dengan materi terkait penggunaan helm, materi ini juga diiringi dengan tawa riang murid-murid TK Al-Ikhsan.

Dua jam pun berlalu dan tak terasa tiga kelompok murid dari TK Al-Ikhsan telah menerima keseluruhan materi yang di sampaikan oleh RSA. Spirit keselamatan jalan yang diusung oleh RSA berpadu dengan tawa riang gembira murid-murid TK Al-Ikhsan yang menerima materi, sebuah kombinasi yang begitu menyenangkan hati sekaligus pemicu semangat bagi kami selaku penggiat keselamatan jalan. Acara pun diakhiri dengan pemberian helm secara simbolis dari RSA untuk murid-murid dan guru di TK Al-Ikhsan.

Prosesi pemberian helm secara simbolis oleh RSA kepada pihak TK Al-Ikhsan

Selepas pemberian helm secara simbolis, tak lupa Rio menitipkan pesan kepada para guru agar dapat menyisipkan materi terkait keselamatan jalan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari di TK Al-Ikhsan. Terkait dengan hal ini Rio berujar “Keselamatan jalan ini penting untuk diajarkan kepada anak secara simultan, dalam hal ini guru sebagai pengajar yang berinteraksi hampir setiap hari dengan murid dapat berperan aktif dalam menanamkan virus keselamatan jalan terhadap anak”. Para guru kemudian mengucapkan terimakasih atas kedatangan RSA dan menyatakan sejalan dengan apa yang diujarkan oleh Rio. Tak terasa matahari semakin meninggi, maka usai pula keseluruhan kegiatan Road Safety Goes to Kindergarten di TK Al-Ikhsan. Kami pun beranjak dari TK Al-Ikhsan dengan harapan bahwa materi sederhana yang telah kami sampaikan dapat terekam dalam ingatan para murid dan dapat menjadi bekal agar kelak mereka dapat menjadi pribadi yang concern akan pentingnya keselamatan jalan, semoga. (Mukhammad Azdi)

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Februari 11, 2012, in Road Safety Stuff, Social Stuff and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. keren..
    susah hajar yg diatas..
    yg dibahah di gojolg mindsetnya..

    kelak Indonesia akan jadi negara dgn jalan raya yang aman dan nyaman

    InsyaAllah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: