Di Eropa modifikasi motor akan dilarang, bagaimana dengan di Indonesia?

Iseng berselancar di dunia maya nemu pemberitaan di detikoto bahwa modifikasi motor bakal dilarang di Eropa. Wah, sebagai orang yang hoby ngoprek motor ane jujur rada prihatin dengan nasib bikers di eropa sana. Pelarangan modifikasi tersebut meliputi soal powertrain atau mesin, namun sebagian besar Bikers disana mengkhawatirkan kemungkinan pelarangan modifikasi di sektor yang lain. Pelarangan modifikasi ini diperkirakan terkait dengan isu keselamatan dan isu lingkungan sebagai reaksi dari maraknya aksi kebut2an dan modifikasi mesin oleh oknum bikers disana yang menyebabkan kadar emisi menjadi berlebih. Well, kita tahu eropa memang memiliki standar yang ketat soal lingkungan dan keselamatan.

Modif emang bisa bikin motor makin ganteng:mrgreen:

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Jujur Ane sendiri antara setuju dan tidak setuju dengan pelarangan modifikasi, ane setuju modifikasi dilarang jika modifikasi yang dilakukan dapat membahayakan lingkungan sekitar, misal modifikasi untuk balap liar atau modifikasi anak @l4y yang melanggar aturan kelayakan kendaraan. Tapi ane tidak setuju modifikasi dilarang secara menyeluruh, bagaimanapun juga bagi sebagian orang modifikasi adalah ekspresi seni dari si bikers terhadap motornya, dan bahkan modifikasi tertentu bisa menambah nilai guna dari sebuah motor. Sebagai contoh adalah pengecatan ulang yg bisa bikin motor makin ganteng, pemasangan box yang bikin si rider bisa naruh barang dengan lebih safety ketimbang naro kantong kresek di setang:mrgreen:, atau menaikkan power mesin biar lebih nyaman saat berkendara jarak jauh. So, selama modifikasi yang dilakukan tidak membuat sebuah kendaraan menjadi sesuatu yang berbahaya maka modifikasi sah2 aja toh?

Modif begini sih jelas bikin motor gak layak jalan, lain soal klo jadi pajangan aja:mrgreen:

Namun buat ane disatu sisi pemerintah harus bisa menciptakan peraturan yang tegas terkait soal modifikasi sehingga bisa menjadi patokan bagi bikers maupun bengkel dalam memodifikasi kendaraan. Yang menjadi masalah adalah saat ini peraturan soal modifikasi masih menjadi hal yang bias, sehingga masih banyak oknum @l4y yang modifikasi seenake udele dewe tanpa memperhitungkan aspek keselamatan, seperti rombak motor jd ala dragbike tapi dipake harian atau masang peralatan lenong seperti sirine dan strobo di mtornya. Modif motor jadi drag tentu boleh asal motornya emang dipake di balap drag resmi, bukan harian. Pake sirine dan strobo juga boleh kok asal ente polisi atau militer dan lagi make mobil dinas yang membutuhkan sirine dan strobo:mrgreen: . Memang sih sudah ada peraturan2 soal pembatasan modifikasi dalam bentuk peraturan pemerintah maupun di pasal 48 UU. RI No. 22 Tahun 2009 tentang kelayakan sebuah kendaraan, namun penjabaran teknisnya masih jauh dari lengkap dan sosialisasinya pun minim, penegakkan aturannya pun masih setengah hati, CMIIW.

Pada intinya sih modifikasi boleh2 saja, tapi bikers yang cerdas akan memodifikasi motornya sesuai dengan kaidah estetika, safety, dan peraturan yang jelas. Jangan sampai modifikasi justru bikin mtor jadi berbahaya bagi si bikers maupun pengguna jalan yang lain.

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on September 12, 2011, in Motorcycle Stuff, Social Stuff and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. padahal modifikasi disana wajib standar ISO lho..
    ganti spion gak standar ISO aja kena tilang

  2. Sebenernya modif knalpot itu dilarang ga sih, ko knalpot racing ninin 250 ga dirazia sih beda sama motor lain yg pk knalpot racing….?

    • peraturannya memang belum jelas, di peraturan ada pasal soal larangan knalpot yang ga boleh berisik tapi berapa minimum desibelnya gak jelas bro. Padahal Mio pake pelek racing suaranya gak seberisik suara moge standar kan?:mrgreen:

  3. Nice mas .. modifikasi boleh asal ga bertentangan dg UUD 45 dan Pancasila, misal: motor Bebek dimodifikasi jd Tiger, itu ga boleh krn menyalahi takdir dan HAM (hak asasi motor)ūüėÄ

    khusus utk anak-anak muda ‘super-kreatif’ yg hobi modifikasi motor alay (ekstrim) sebaiknya pemerintah memfasilitasi mereka dg memberikan motor2 bekas gratis, biar disulap jd baru (baru turun mesin) .. hehe

  4. menuruutttttt… F1ZeR Man seperti saya…. kalau sampai modifikasi motor dilarang di Indonesia… MUEMANGGNYA MOTOR YANG BUELI SIAPA TOO…. bolehh aja modifikasi dilarangg .. TAPIIII>. pemerintah yang belikan motor 1 jiwa 1 motor.. hhuahaha.. peace gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: