Soal kecelakaan lalulintas kita gak boleh terus menerus memfitnah setan dan kawan2!

Tulisan ini sekaligus mengeluarkan unek2 ane belakangan, yakni sejak insiden kecelakaan yang dialami oleh artis SJ di tol cipularang yang menewaskan istri dari sang artis.  Ane sebenernya paling males nonton infotainment tapi karena nyokap ane demen banget nonton ane kadang jadi ikut nonton. Seiring dengan insiden yang dialami oleh artis SJ sekian infotainment dengan lebaynya mengekspose insiden tersebut. Disini ane gak mau berkoar soal  artis SJ seperti halnya infotainment itu, ane bermaksud untuk menyoroti cara infotainment dalam milihat kecelakaan yang dialami oleh artis SJ. Dalam acara yang super lebay itu kecelakaan yang dialami oleh sang artis lebih banyak dikaitkan dengan unsur klenik dibandingkan dengan unsur road safety. Dalam infotainment2 tersebut seolah2 mahluk ghaib penunggu tol cipularang adalah penyebab tunggal dari kecelakaan yang sering terjadi di daerah tersebut.

Tanpa ada mahluk ghaib pun kecelakaan artis SJ memang berpotensi besar untuk terjadi

Ane disini tidak bermaksud menyepelekan keberadaan hal ghaib, sebagai orang timur ane percaya dengan keberadaan mereka. Namun terus menerus menyalahkan mahluk ghaib atau tempat yang angker sebagai penyebab kecelakaan adalah salah satu bentuk pembodohan otomotif!!! Secara tidak sadar masyarakat diajarkan untuk memfitnah mereka sebagai penyebab kecelakaan, padahal hal tersebut belum tentu. Sebagai contoh adalah insiden yang dialami oleh artis SJ, tanpa mengkaji dr sudut pandang klenik pun kecelakaan yang dialami oleh sang artis memang wajar saja terjadi. Bayangkan sebuah family car entry level seperti Toyota Avanza diisi penuh oleh 10 orang blum termasuk barang dan dikendarai oleh seorang artis yang mengantuk di jalur yang memang berbahaya, tanpa ada mahluk gaib pun potensi kecelakaan sudah sangat besar bro!!

Kelebayan infotainment dalam mengkspose hal gaib dalam kasus SJ memiliki dampak psikologis yang tidak main2 di kalangan masyarakat awam. Dampak yang mengerikan adalah penonton menjadi tidak peka terhadap keselamatan jalan dan lebih memilih untuk menyalahkan mahluk ghaib ketika terjadi kecelakaan di daerah yang dianggap angker. Meskipun tindakan masyarakat yang menyalahkan keangkeran sebagai penyebab kecelakaan sudah umum di Indonesia, namun infotainmen seolah berusaha melestarikannya. Sudah tentu jauh lebih baik bagi kita yang percaya pada Tuhan untuk berikhtiar dengan berkendara yang safety ketimbang memfitnah sang mahluk ghaib yang belum tentu terlibat dalam sebuah kecelakaan. Manusia memang kejam bro, bahkan setan saja masih difitnah ya??😀

Stop pembodohan otomotif sekarang juga!!!!!

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on September 9, 2011, in Road Safety Stuff, Social Stuff and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. bukan cuma infotainment ni mas azdi, beragam berita juga menyorot kecelakaan yang sj alami. kalau saya boleh komentar, media massa memang sengaja menyorot hal ini menjadi sebuah berita karena mengandung nilai jual yang tinggi untuk dijadikan tayangan bag masyarakat. media massa menjadi untung akan hal ni. coba kalau yg kecelakaan tu orng biasa bukan artis atau pejabat negara pasti beritanya cuma 1 kali tayang. dan menurut saya hal seperti ini sudh menjadi sebuah budaya dalam media massa untuk menciptakan ruang-ruang keuntungan dan nilai jual pastinya.

    masalah jin dan setan itu memang sengaja di buat agar berita yang di sajikan tambah menarik dan masyarakat menjadi tertarik untuk menontonnya. konsep berfikir oleh media massa yang seperti ini menurut saya bisa membahayakan masayarakat tentang pembentukan karakter. hal ini kan sejalan dengan fungsi media sebagai corong pembelajarn pula.

  2. untung setan nya ga nuntut balik, bisa aj sj d kenai pasal pencemaran nama baik, wkwkwkwk!

    Salam kenal

  3. faktor manusianya lebih dominan slama di jalan

  4. di era yg serba komputer dan teknologi maju msh banyak masyarakat kita yg percaya takhayul dari pada ilmiah , sdh jelas kasus SJ krn faktor kelalaian dan kecerobohan manusia /human error malah menyalahkan setan penunggu tol……

  5. like this
    ijin share

  6. lagian setannyakan pd pulang kampung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

KheziaMetta

Shoot me if u can !

macantua.com

all about ride, drive and life........

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Maskur's Blog

Menyusuri Jalan Rusak

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

DWI OKTA NUGROHO

Lebih Baik Beruntung daripada Pintar

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

%d blogger menyukai ini: