Jadilah Peminum, Bukan Pemabuk

Drinking Wine, Like A Sir

Drinking Wine, Like A Sir

Di agama saya alkohol dan sejenisnya itu jelas haram hukumnya, dan kali ini saya pun ga bermaksud ngajarin orang minum minuman keras lho. Hanya saja belakangan saya teringat sebuah pelajaran berharga dari seorang kawan penggemar minuman keras. Selama ini minuman keras dianggap sebagai biang keladi dari hilangnya kesadaran seseorang yang berujung kepada tindakan ngawur dari orang yang meminumnya, bahasa gampangnya ya mabok. Namun kawan saya justru berujar bahwa bukan minumannya yang salah melainkan si orang yang meminumnya.

Dalam kamus para pencinta minuman keras ada istilah peminum dan pemabuk. Peminum adalah mereka yang memiliki kegemaran atau bahkan kecintaan terhadap minuman tertentu, namun mereka meminum sesuai dengan kapasitas diri dan menyesuaikan dengan kondisi di sekitar mereka. Sementara pemabuk adalah mereka yang menenggak minuman keras tanpa kendali yang berakibat pada hilangnya kesadaran dan berujung kepada banyak hal yang akhirnya justru merugikan diri mereka sendiri.

Lantas apa hubungannya antara peminum, pemabuk, dan sepeda motor? Melanjutkan apa yang penulis sampaikan di artikel sebelumnya mengenai sepeda motor sebagai candu maka akan ditemukan sebuah relevansi dalam konteks peminum dan pemabuk ini. Negeri ini rupanya  sudah masuk kategori pemabuk terkait sepeda motor. Lebih dari sekedar menikmati, tampaknya kita sudah mengidap kecanduan akut terhadap apa yang disebut sepeda motor sampai akhinrya banyak hal ngawur terjadi.

Tengok saja, saat ini banyak orang yang saking mabok dan kecanduannya terhadap sepeda motor sampai-sampai melampaui batasan nilai, norma, dan hukum yang berlaku. Makin banyak orang yang karena kecanduannya terhadap sepeda motor akhirnya berkendara secara semena-mena sampai lupa dengan peraturan lalulintas. Makin banyak yang karena kecanduannya terhadap sepeda motor sampai rela melupakan keluarga demi sekedar turing kesana kemari. Makin banyak yang karena kecanduannya terhadap sepeda motor sampai rela cuma makan kerupuk demi memoles si kuda besi agar semakin memikat. Apakah modifikasi dan turing ga boleh? jelas boleh dong! wong saya saja suka sekali kok. Namun sayangnya saat ini muncul trend dimana sepeda motor seringkali jadi prioritas utama ketimbang apapun, memangnya hidup cuma diatas motor saja ya? Miris, namun inilah realitas yang saya temukan dalam jagat motor-motoran belakangan ini.

Ngerinya, bukan cuma masyarakat yang mabok sepeda motor. Pemerintah juga rupanya terlanjur ketagihan dengan candu yang sepeda motor. Terlenda dengan nyamannya situasi bagi mereka saat ini, akhirnya pemerintah mulai sering ngawur, mabok, lupa kalau rakyat butuh transportasi publik yang aman, nyaman, dan efisien tapi yang dibangun terus malah ruas jalan, yah namanya juga mabok.

Sepeda motor itu memang luar biasa, sampai detik ini saja saya masih mengagumi dan mendapatkan kenikmatan psikologis saat mengendarainya. Namun layaknya peminum, cukuplah kita menjadi penikmat sepeda motor seusai dengan kapasitas diri dan tidak berlebihan. Ada banyak hal yang jauh lebih layak menjadi prioritas ketimbang sepeda motor. Jangan seperti pemabuk yang kecanduan akut terhadap sepeda motor sampai lupa akan segalanya dan harus menanggung derita pada akhirnya. Semoga lekas sadar bagi yang masih mabok. Wassalamualaikum.

Mukhammad Azdi

About these ads

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Desember 28, 2012, in Social Stuff and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. mossook…

    2012/12/28 Sociusrider.wordpress.com

    > ** > Azdi – SociusRider posted: ” Drinking Wine, Like A Sir Di > agama saya alkohol dan sejenisnya itu jelas haram hukumnya, dan kali ini > saya pun ga bermaksud ngajarin orang minum minuman keras lho. Hanya saja > belakan”

  2. ini artikel lebih digemari daripada nulis septiriding kayaknya …
    ……————………
    males nraktir temen demi knalpot mahal #kaboorrr

  3. Mabuk yuk… :)
    *makan durian medan*

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

macantua

all about ride, drive and life........

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Yang Lain

Maskur's Blog

Use Your Imaginations

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blog's

Belajar dan Terapkan..

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

Kasamago

Everything I like | PRAJA WIBAWA 2014

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

Sufi Muda

Menemukan Tuhan Dalam Keseharian

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

Motorsayatromol.wordpress.com

learningfromlives.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.130 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: