Suzuki, riwayatmu kini….

Gledekan alias Satria 120 2-tak punya Oom Lingga, it's more than underbone, it's a legend!

Well, sebelumnya perlu dijelaskan bahwa artikel ini tidak bermaksud sok tau, hanya sekedar meluapkan gagasan dan pandangan akan terpuruknya Suzuki dalam kancah roda dua tanah air dalam perspektif ane yang amatir ini. Perlu diketahui dulu Suzuki bisa dibilang adalah produsen sepeda motor dengan kualitas top di tanah air. Sudah banyak produk Suzuki di Indonesia yang dulu memiliki teknologi selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan kompetitor. Siapa yang tidak kenal Suzuki Shogun R yang merajai road race bersama M. Fadli dan tim AHRS? Siapa yang tidak tau si bebek setan Satria 120R 2-Tak? Siapa yang lupa bengisnya jambakan Suzuki RGR sang musuh abadi Kawasaki Ninja di tahun 90-an? Masih adakah yang ingat Thunder 250 sang pelopor twin muffler 250cc di Indonesia? Sekalipun tidak semua produk Suzuki yang ane sebutkan tadi moncer dalam segi penjualan namun mereka semua memiliki kesamaan, yakni differensiasi alias pembeda dengan kompetitor yang akhirnya membuat produk Suzuki mempunya prides tersendiri di kalangan penggunanya.

Klan Satria, satu-satunya pewaris kedigdayaan Suzuki di Indonesia

Ketika yamaha Jupiter belum nongol dan Honda masih asik dengan bebek jadul Grand Astrea dan Supra 110 Suzuki menggebrak dengan Shogun 110cc Kebo ber-CDI Shindengen yang diteruskan dengan kemunculan Shogun R.  Ketika Yamaha masih malu-malu dengan Yamaha Scorpio dan Honda masih terlena dengan kedigdayaan sang Tiger suzuki hadir dengan Thunder berkapasitas 250cc! Ketika Yamaha F1ZR masih bermain di kelas 110cc Suzuki mengganti Suzuki Tornado dengan Satria bermesin 120cc 2-tak dengan monoshock dan 6 tingkat percepatan! Differensiasi fitur dan teknologi yang luar biasa bukan? Bahkan ketika tempo hari kita heboh dengan Honda CBR 150 dan Yamaha YZF-R15 sekian tahun sebelumnya Suzuki sudah mengeluarkan Suzuki FXR!! Singkatnya, Suzuki yang ane kenal dulu adalah produsen sepeda motor dengan fitur dan teknologi yang melampaui jamannya! Manteb tho?

Penjualan Suzuki makin tertinggal, sumber: Eyang Edo :mrgreen:

Namun bagaimana Suzuki sekarang??? Sebuah hal yang ironis melihat bahwa hampir semua sepeda motor yang dijual Suzuki saat ini hanyalah follower dari produk yang dikeluarkan oleh kompetitor tanpa memberikan differensiasi yang nyata dan dapat memberikan prides pada konsumen. Suzuki Nex tak lebih dari pengekor Yamaha Mio dan Honda Vario, yang diandelin cuma irit tok, itupun masih karburator. Suzuki Shogun 125 dan Smash Titan? Ah tak usah dibahaslah, melihatnya di jalanan saja sudah jarang. Suzuki Thunder 125 sebenarnya punya potensi, namun fitur dan teknologi yang itu2 saja jelas bikin orang bosan. Praktis menurut ane satu2nya produk Suzuki yang memberikan differensiasi dan prides tersendiri hanyalah Suzuki Satria FU! Underbone dengan kapasitas mesin terbesar dengan dobel noken as alias DOHC plus 4 klep dan 6 tingkat percepatan!! Yamaha Jupiter MX dan Honda CS-1 jangan harap bisa ngalahin sang FU dalam kondisi sekarang. Kasus ini sepatutnnya menjadi pelajaran bagi Suzuki dalam pengembangan produknya, tentunya diiringi dengan perbaikan dalam layanan aftersales. Suzuki GW250 punya potensi sebenernya, namun melihat kuota penjualan yang sedikit sementara antusiasme cukup banyak, bisa jadi GW250 akan bernasib seperti Suzuki FXR.  Jika ane adalah seorang bike enthusiast dan memiliki Salah satu Suzuki jadul yang sudah jadi legend ane akan memilih mempertahankannya ketimbang menggantinya dengan Suzuki yang baru, lagian beli motor baru menuh2in jalan saza :mrgreen: .

About these ads

About Azdi - SociusRider

Motorcycles make us dream. They have different colours, they have different sounds. They have shapes that sometimes show what inspired their designers. Sometimes these creations are real works of art that turn the designer into an artist. (Claudio Castiglioni)

Posted on Maret 16, 2012, in Motorcycle Stuff, News and Opinion and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Polenk Merkesenk

    Setuju gan, produk suzuki yg dulu lebih mumpuni.
    Sebut saja:
    1. FXR 150
    2. Shogun Kebo 110
    3. Thunder 250
    4. Skywave 125
    5. Satria Hiu 120
    6. Satria FU 150

  2. PRIDE (kebanggaan)
    bukan Prides. . . itu nama community

  3. Pernah punya Satria 125…. kubawa dari balikpapan-bontang sekitar 220 KM… karena harus melewati hutan, maka terpaksa saya bawa bensin di jerigen di pungung….
    Kusuka larinya satria 125…. sayang borosnya ku tidak suka…

  4. H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL. DST.=sales itu ngasih petunjuk bukan cuma membujuk

    aku masih punya ayam jago 2 tak, yg penting ngebul

  5. Pernah miara Kebo 110 sama RGR… Terus pernah kepincut sama GT 380… Sayang, karena ada keperluan mendesak jadi terpaksa dituker duit deh motor-motor itu… Sekarang makenya Hayate aja… lumayan buat saya yang bodinya boros… Tetap terlihat keren. Hehehe…

  6. Roda dua market sharenya ngedrop ya masbro,dr pertama muncul tunder sampe sekarang g ada tambahan motor sportnya.

  7. keren sich nich motor tapi sayangnya spare part nya mahal mahal,

  8. di dekat tempat saya ada dealer suzuki baru dibuka, tapi ada juga dealer suzuki yang berubah jadi dealer honda..

  9. Salam Suzuki…

  10. ane masih pake TS 125 nih…konsumsi masih 1:35 km , lumayan irit…

  11. “Jika ane adalah seorang bike enthusiast dan memiliki Salah satu Suzuki jadul yang sudah jadi legend ane akan memilih mempertahankannya ketimbang menggantinya dengan Suzuki yang baru, lagian beli motor baru menuh2in jalan saza”

    naah……..so trueee :mrgreen: ngapain beli yang baru kalo yang lama lebih bagus dan bandel, dan udah melegenda :mrgreen:

    *kecuali FU, kalo ada duitnya mah saya juga mau :lol:

  12. gw msh cinta ma setan 2tak satria 120

  13. Hemm… ane masih nyimpen tuh Suzuki TRZ Katana 125cc 1984/85…bukan TRS lho ya… kalau yg produk-2 th segitu Suzie bukan follower lho, misalnya sudah pakai indikator posisi gigi mulai Suzie FR, TRS… merk yg lain belum tuh..

  14. OKE gw suka gaya lu walaw pun motor tua tapi dulunya penggebrak dunia roda dua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

macantua

just ride and drive safely

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Yang Lain

IM Blog

Mulai Dari Nol Ya Pak..

VALKYLA1723

Sekedar Coretan di Kala Senggang

Triyanto Banyumasan Blogs

Belajar dan Terapkan..

@ndaholmes's Blog

A topnotch WordPress.com site

Kasamago

Everything I like : Movie, Manga, Military, Photography, Otomotive, etc.

BLOGNYA TIGER ITEM

[saferide:bikersafe]

Yayuk Sentul's Blog

A Project of Yayuk Sentul's Diarrheea... (Diary maksudnya)

SUFI MUDA

Kenal dirimu rata-rata maka engkau akan mengenal Tuhanmu yang amat nyata

Rudi Triatmono Personal Blogs

A Simple Blog, that contains some articles about Motorcycles, Information Technology, Management and much more...

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

MotoGP Tale

Berita Terbaru MotoGP

Joe Trizilo

Personal Blog

Motorsayatromol.wordpress.com

learningfromlives.com

Gubuk kecil untuk belajar dan berbagi pemikiran.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.955 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: